diobrolin.com

Indonesia Ngobrol, Ngobrolin Indonesia

Liga Muslim Dunia Minta Indonesia Kelola Website Anti Islamphobia

- Posted in Viral by

MEKKAH - Liga Muslim Dunia meminta Indonesia membuat dan mengelola "website" Islam internasional untuk mengimbangi berkembangnya "Islamphobia" melalui media sosial, termasuk penayangan film semacam Innocence of Muslims di Youtube yang menghujat Nabi Muhammad SAW, dan memprovokasi kekerasan di seluruh jagat.

Permintaan itu disampaikan Sekjen Liga Muslim Dunia (Rabithoh Alam Islami) Abdullah bin Abdul Muhsin Al-Turki saat bertemu dengan Sekjen Kementerian Agama RI Bahrul Hayat dan Kepala Biro Hukum Kerja Sama Luar Negeri Mubarak di Mekkah, Arab Saudi, Selasa.

Dalam pertemuan itu dipresentasikan rancangan "website" IslammediaWML.org oleh anggota delegasi Indonesia Akhmad Kusaeni, yang juga Wakil Pemimpin Redaksi LKBN-ANTARA dan Ikhwanul Kiram dari Republika.

"Kami berharap agar website ini segera diluncurkan pada bulan Desember 2013. Insya Allah saya akan datang ke Jakarta," kata Direktur Jenderal untuk Media dan Kebudayaan WML Hasan Al Ahdal.

Menurut Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat, pembuatan "website" IslammediaWML.org itu untuk menindaklanjuti rekomendasi Pertemuan Media Islam Internasional di Jakarta bulan Desember 2011.

Saat itu, Indonesia ditunjuk untuk menjadi Komite Tindaklanjut Konferensi, salah satunya membuat "website".

IslammediaWML.org, katanya, juga untuk mempromosikan Islam yang cinta damai agar kesalahfahaman tentang Islam bisa dikurangi.

Selama ini, katanya, ada kesalahfahaman bahwa kalau ada Islam pasti ada konflik atau di mana ada Muslim ada darah.

"Itu sama sekali tidak benar. Islam adalah agama yang `rahmatan lilalamin`, agama rahmat dan kasih sayang," kata Bahrul.

Hasan Ahdal menambahkan, dengan "website" ini, Liga Muslim Dunia bisa melawan kampanye negatif terhadap Islam dengan menggunakan internet dan media sosial seperti Facebook, Youtube, Twitter.

"Video dilawan dengan video, gagasan dilawan gagasan, bukan dengan kekerasan dan anarki," kata Ahdal.

Sementara itu, Sekjen WML Abdul Muhsin Al-Turki mengatakan pihaknya menyambut baik peran Indonesia dalam jururunding konflik kalangan Muslim minoritas di negara-negara Asia seperti di Thailand dan Myanmar.

"Saya baru kembali dari sebuah konferensi di Thailand dan saya tahun peran Indonesia sangat nyata untuk membela minoritas Muslim di manapun di dunia. Rabithoh sangat menghargai," katanya. Sumber: NU Online