diobrolin.com

P. Espargarò: "Marquez jenius dalam mengendarai sepeda motor, tetapi Honda telah mendengarkan semua orang"


Pol Espargarò mungkin berada di momen paling sulit dalam karir MotoGP-nya. Musim debutnya di Honda tidak berjalan sesuai harapan, dengan pembalap Spanyol itu harus banyak berjuang dengan motor yang sulit ditafsirkan. Banyak yang berpikir bahwa adaptasi Pol akan lebih sederhana, berasal dari KTM dan dari tata letak teknis dalam beberapa hal yang mirip dengan yang digunakan oleh HRC.

Namun, fakta telah membantah gagasan ini dan sekarang Espargarò harus membuktikan bahwa ia dapat menebus kesalahan dengan harapan untuk dikonfirmasi Honda di masa depan. Pembalap Spanyol akan memiliki sedikit waktu untuk melakukannya, karena pembicaraan tentang kontrak 2023 telah dimulai dan bukan rahasia lagi bahwa Honda mengincar pebalap papan atas lainnya untuk bergabung dengan Marc Marquez. Joan Mir terlihat seperti kandidat nomor satu, tetapi Pol masih bisa membuktikan bahwa dia pantas mendapatkan motor yang dikuasai Marquez di masa lalu. Tes musim dingin dan balapan pertama musim ini tidak diragukan lagi akan menjadi fundamental untuk masa depannya, tetapi dia sangat menyukai prototipe Honda yang dibawa ke Jerez dan yakin dia dapat mengambil jalan yang sama sekali berbeda di 2022 ini.

"Anda harus mengambil hal-hal yang datang - kata Pol - Kami bekerja keras untuk memperbaiki situasi, tetapi semua orang melakukannya, bahkan tim lain. Kami mengumpulkan banyak informasi untuk membuat dasar untuk 2022. Saya merasa baik setelah Silverstone, saya mulai merasa percaya diri dengan motor dan saya ingin menyelesaikan musim dengan balapan yang hebat di Valencia dan saya pikir saya akan melakukannya, itu trek favorit saya. Kemudian saya jatuh dan rencananya menjadi serba salah. Pramusim ini saya alami secara berbeda, saya telah bekerja untuk menjadi pebalap yang lebih baik. Honda telah bekerja untuk memberikan yang terbaik bagi kami di Malaysia, saya tidak sabar untuk kembali ke atas motornya."
Pol Espargarò: "Marc adalah seorang jenius di bidang sepeda motor, tetapi sepeda baru akan membantu semua orang " 
Apakah menurut Anda sepeda baru ini kurang sesuai dengan kebutuhan Marc dan lebih mudah untuk semua pengendara Honda?

"Untuk satu hal, saya tidak berpikir motor tua itu dibuat hanya untuk Marc, memungkinkan dia untuk mendapatkan keuntungan penuhnya. Itu didasarkan pada komentar dari para pebalap, yang mengatakan beberapa hal dan para insinyur menggunakan komentar itu untuk memperbaikinya. Di atas motor tua, Marc adalah seorang jenius, dan dia terus begitu dengan cara dia mengendarainya. Karena cara dia mengendarainya adalah yang terbaik, bukan sepeda yang kurang cocok untuk orang lain. Dia kuat, begitulah adanya. Motor baru tampak berbeda, memiliki grip lebih di bagian belakang. Di Misano kami semua merasa lebih baik, Honda mendengarkan kami semua dan ketika mereka membawakan kami motor baru, itu langsung tampak lebih baik. Sepanjang tahun kita semua mengeluhkan berbagai masalah yang tidak memungkinkan kita untuk selalu berpuasa. Kami semua senang dengan perubahan yang dibuat, tetapi seperti yang saya katakan ini baru permulaan. Kami harus membawanya ke trek lain untuk memahami seberapa banyak peningkatannya dan seberapa cepat seperti di Misano dan Jerez. Ketika ada sesuatu yang baru Anda harus tetap tenang, karena situasi bisa berubah dengan sangat cepat. Memiliki Marc bersama kami di tes musim dingin akan sangat penting bagi kami untuk mencoba memiliki motor terbaik di awal musim. "

2021 Anda tidak mudah, tetapi apa tujuan Anda sekarang?

"Pada awal 2021 saya tahu saya harus bekerja untuk meningkatkan, tetapi saya tidak tahu motornya dengan baik dan saya tidak tahu arah mana yang harus diambil dalam pengembangan. Aku tahu itu akan memakan waktu. Dengan hanya 5 hari pengujian, tidak mudah untuk meningkatkan sebelum awal musim. Itu sulit, tetapi pada akhirnya saya dapat mengatakan bahwa saya memiliki harapan yang tinggi untuk 2022. Jika semuanya berjalan dengan baik dalam tes, saya pikir saya bisa bertarung untuk lima besar segera. Jika kami berhasil di awal, selama musim itu akan selalu lebih baik. Saya ingin memulai dari tempat saya berada di Valencia sebelum kecelakaan. "

Apakah menurut Anda sepeda baru secara objektif lebih baik?

"Sepedanya lebih baik, tetapi terlalu dini untuk memahami seberapa banyak. Kami harus kembali ke trek dengan yang lain untuk memahami di mana kami berada, kami bukan satu-satunya yang menempatkan motor baru di trek. Kami akan memahami ini di Malaysia ketika akan ada perbandingan pertama dengan rival kami. Kami harus mengerjakan ini dan dalam beberapa hari pertama kami akan memahami segalanya, bahkan jika kami tidak akan segera berada di puncak. Saya pikir jika kami memiliki kecepatan untuk bertarung di puncak, kami akan segera melakukannya, jika tidak, kami perlu ketenangan untuk bekerja lebih baik. Ducati sangat kuat di trek lurus, jika kami ingin memiliki musim yang bagus, kami harus meningkat di trek lurus agar bisa bertarung dengan mereka di balapan dan tidak terkejar sepanjang waktu. Semuanya akan menjadi penting, tetapi kami harus tetap tenang dan melihat apa yang terjadi di tes berikutnya. "
Pol Espargarò: "Berada di garasi bersama Marc tidak mudah, tetapi saya telah belajar banyak hal" 
Ini akan menjadi musim kedua Anda di garasi bersama Marc, berapa banyak yang Anda pelajari darinya pada tahun 2021?

"Saya harap demikian bisa naik lebih banyak dengan Marc tahun ini dan memulai musim bersama. Berada di sisinya di garasi tidak mudah. Dia mengendarai dan beradaptasi dengan cengkeraman rendah dan setiap masalah dengan lebih mudah, pengalamannya di atas motor membantu dan dia beradaptasi dengan sangat baik. Awalnya saya sangat kesulitan mengendarainya, mendorongnya ke akselerasi tanpa terlalu banyak meluncur. Ini penting dalam cara dia mengendarai, dalam cara dia menggunakan throttle. Dia mengatur throttle saat menikung dengan cara yang unik, mengambil motor dari tikungan. Sesuatu yang sedang saya pelajari dengan cara yang sama, saya telah bekerja keras untuk itu. Bahkan jika motor barunya berbeda, ia memiliki lebih banyak grip dan saya pikir itu akan membantu kami semua berkembang. Saya pikir itu akan membantu kami dalam kualifikasi di atas segalanya. Kami semua akan bisa menunjukkan apa yang bisa kami lakukan dengan motor baru. "

Berapa banyak perubahan pendekatan Anda musim dingin ini?

"Secara mental, saya tidak banyak berubah. Bahkan dengan banyak tekanan, saya telah bertahan di sana, saya baik-baik saja. Secara fisik saya telah berlatih lebih dari yang diperlukan untuk mengendarai MotoGP. Saya tidak berpikir itu masalah saya. Secara teknis saya menemukan cara menggunakan throttle dan betapa pentingnya melakukannya secara berbeda. Di Honda saya bahkan tidak bisa menggunakan rem belakang seperti yang selalu saya lakukan di masa lalu. Pada tahun 2021 saya tidak bisa melakukannya dan untuk alasan ini saya sangat menderita saat memasuki tikungan. Saya berlatih secara berbeda, melakukan berbagai disiplin ilmu untuk mengelola hal-hal ini dengan lebih baik, menggunakan berbagai jenis sepeda."