diobrolin.com

Indonesia Ngobrol, Ngobrolin Indonesia

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar jumpa pers terkait hasil pemantauan tim gabungan yang memantau tayangan-tayangan di televisi Nasional selama bulan Ramadhan kali ini. Tim gabungan dari alim ulama MUI yakni Fatwa, Pengkajian & Penelitian, Pendidikan, dan Infokom sudah jadi program di MUI sejak 10 tahun yang lalu.

Tahun 2018, MUI mengkritik keras stasiun TV yaitu ANTV, Trans TV, dan Trans 7 karena menayangkan program-program yang tak sejalan dengan spirit Ramadan. Program-program itu antara lain Pesbukers di ANTV, Brownies di TransTV, dan Rumah Uya di Trans 7.

Pesbukers, ANTV

"Segmen joget-joget seperti ‘joget selfie’ lebih dominan ketimbang segmen bermuatan edukasi. Aduan masyarakat yang diterima MUI menilai program ini tidak menghadirkan suasana religiusitas sebagai inti Ramadan,"

Program ini disarankan MUI agar diberi sanksi berat, dengan menyetop tayangan. "Karena mengusung label terkait Ramadan, tapi isinya jauh dari semangat Ramadan," kata MUI

Brownies, Trans TV 

"Sering kali ditampilkan buka aib rumah tangga Vicky-Angel. Eksploitasi privasi rumah tangga Vicky-Angel, hubungan dengan mantan pacar maupun dengan pacar, menjadi topik utama dan mengembangkan gosip, ini bertentangan dengan spirit Ramadan,"

Teguran juga diberikan pada Program Ngabuburit Happy, karena setipe dengan Brownis Sahur.
"Penonton dipaksa mengikuti kegiatan sia-sia dalam durasi cukup panjang. Program berlabel Ramadan ini layak dihentikan,"

Rumah Uya, Trans7

"Selalu terjadi pertengkaran antar pengisi acara, saling mencaci, menuduh, menghina, dan membongkar aib. Diakhiri sedikit nasihat dari narasumber, Ibu Qurrota A’yun, yang dipanggil Ummi. Cara Ummi menyikapi masalah, kadang larut dalam gaya menuduh, menghakimi, dan memperkeruh suasana,"

"Sikap dan nilai yang dikedepankan program ini dirasakan jauh dari spirit Ramadhan. Seharusnya program ini dihentikan tayang pada Ramadan,"

Begini tanggapan netizen:

Betul, sangat setuju Pak. Kurang mendidik dan tdk menghibur sma sekali.

— Me_Asiah (@MeisNun) June 6, 2018

Setuju
Acara yg isinya cuma candaan yg ga ada sama sekali nilai2 edukasinya, bahkan condong kepada mengumbar aib seseorang
Cc.@Pesbukers_antv1 @TRANSTV_CORP

— nr st⭐rrky (@starrkynr) June 5, 2018

Wajib. Masyarakat makin bodoh di suguhi hiburan model itu

— #Gantiplesiden2019 (@Mrcasper511) June 5, 2018

Sebuah spanduk menggugah kesedihan banyak orang di depan sebuah Masjid di bilangan Jakarta. Adalah akun Febriani Fatma (febrianifatma) yang pertama kali mengunggah foto dari spanduk sebuah Masjid yang kehilangan orang.

😢😭 pic.twitter.com/LSHiwn7XgK

— Febriani Fatma Nst (@FebrianiFatma) June 5, 2018

Kehilangan orang? maksudnya kehilangan jamaah sholat tarawih. Ini salah satu kreativitas pengurus Masjid tampaknya.

"Telah hilang saudara kami yang mengisi shaf-shaf masjid kami seperti awal-awal Ramadhan."
"Ciri-ciri Islam, balig, sehat jasmani dan rohani."
"Lokasi hilang mall dan pusat perbelanjaan."
"Hilang sejak sekitar hari ke-15 Ramadhan."
"Jika anda menemukan saudara-saudara kami supaya mengantarkan ke masjid terdekat."

tulis dalam spanduk tersebut.

Via Vallen membuat heboh publik dengan salah satu postingannya di Instagram terkait adanya pelecehan (sexual harasment) yang dia alami di Direct Message Instagram. Bukan oleh fans gila biasa, tapi oleh seseorang yang menurut Via adalah 'famous football player in Indonesia'.

Via Vallen yang kemudian mengunggah screenshot dari pesan DM tersebut pun mengalami gelombang bully yang tak berkesudahan sekarang. Netizen terbelah, banyak yang mendukung langkah Via, banyak pula yang mencibir dan meremehkan langkahnya yang dianggap Lebay.

Namun, peristiwa tersebut memantik diskusi dan dukungan dari sejumlah tokoh. Banyak pula yang sampai membuat kultwit.

Saya support apa yang dilakukan Via Vallen. Yang menyedihkan justru banyak yang anggap itu lucu. Makin aneh lagi banyak perempuan yang justru memojokkan Via Valen. Fanatisme makin meninggi, tapi empati makin kehilangan tempat.

— ORANG TIMUR (@Arie_Kriting) June 5, 2018

Sikap Via Vallen menghadapi sexual harassment itu perlu didukung. Supaya para perempuan berani speak up. Bayangkan, data Komnas Perempuan, Selama 2017, ada 348 ribu kasus kekerasan terhadap perempuan. Didominasi KDRT dan pelecehan di dunia cyber. Ini bukan soal lebay atau tidak.

— Dhimas Ginanjar (@dimsdalle) June 5, 2018

Soal Via Vallen. pic.twitter.com/vJuMMaVD5b

— Husein Ja'far Hadar (@Husen_Jafar) June 5, 2018

Jadi gimana pendapat kalian guys?

 THR yang diberikan orang non-muslim tersebut pada dasarnya masuk dalam kategori hadiah. Karena pemberian tersebut tanpa konpensasi. Maka sebelum menjawab pertanyaan tersebut kami akan menjelaskan sedikit tentang hukum memberikan hadiah.

 Pada dasarnya hukum memberikan hadiah adalah sunnah, karena hadiah bisa memberikan efek positif. Yaitu menumbuhkan welas-asih dan menjauhkan permusuhan. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh al-Qurthubi.

اَلْهَدِيَّةُ مَنْدُوبٌ إِلَيْهَا، وَهِيَ مِمَّا تُوْرِثُ الْمَوَدَّةَ وَتُذْهِبُ الْعَدَاوَةَ، رَوَى مَالِكٌ عَنْ عَطَاءِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الخُرَاسَانِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: تَصَافَحُوا يَذْهَبْ الْغِلُّ وَتَهَادَوْا تَحَابُّوا وَتَذْهَبْ

“Hukum hadiah itu disunnahkan, dan hadiah itu bisa mewariskan kasih sayang dan menghilangkan permusuhan. Imam Malik telah meriwayatkan dari ‘Atha` bin Abdillah al-Khurasani, ia berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda, Hendaknya kalian saling bersalaman maka kedengkian akan sirna, dan hendaknya kalian saling memberi hadiah maka kalian akan saling menyayangi satu sama lainnya dan permusuhan akan sirna”.(Al-Qurthubi, al-Jami’ li Ahkam al-Qur`an, Kairo-Dar al-Kutub al-Mishriyyah, cet ke-2, 1384 H/1964 M, juz, 13, h. 199).

 Sampai disini sebenarnya tidak ada persoalan. Namun kemudian muncul persoalan sebagaimana pertanyaan di atas. Yaitu, bagaimana jika yang memberikan hadiah adalah orang non-muslim? Imam Bukhari pakar hadits terkemuka dan hadits riwayatnya diakui paling shahih di antara riwayat-riwayat ahli hadits yang lainya, dalam kitab Shahih-nya menulis bab khusus mengenai qabul al-hadiyah min al-musyrikink (kebolehan menerima hadiah dari non muslim).

 Dalam bab ini Imam Bukhari menyuguhkan beberapa hadits yang menunjukkan kebolehan menerima hadiah dari non-muslim. Di antaranya adalah:

وَقَالَ سَعِيدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ إِنَّ أُكَيْدِرَ دُومَةَ أَهْدَى إِلَى النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ --رواه البخاري

“Said berkata, dari Qatadah dari Anas ra, sesungguhnya Ukaidira Dumah pernah memberikan hadiah kepada Nabi saw”. (HR. Bukhari). Hadits lain yang juga bisa dijadikan dasar hukum kebolehan menerima hadiah dari orang non-muslim adalah hadits riwayat at-Tirmidzi yang mengisahkan bahwa Salman al-Farisi pernah memberikan hadiah kepada Rasulullah saw berupa ruthab (kurma basah).

Pada saat Salman al-Farisi memberikan hadiah tersebut, ia belum masuk Islam. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Zainuddin al-‘Iraqi:

وَفِيهِ قَبُولُ هَدِيَّةِ الْكَافِرِ فَإِنَّ سَلْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ لَمْ يَكُنْ أَسْلَمَ إذْ ذَاكَ وَإِنَّمَا أَسْلَمَ بَعْدَ اسْتِيعَابِ الْعَلَامَاتِ الثَّلَاثِ الَّتِي كَانَ عَلِمَهَا مِنْ عَلَامَاتِ النُّبُوَّةِ وَهِيَ امْتِنَاعُهُ مِنْ الصَّدَقَةِ ، وَأَكْلُهُ لِلْهَدِيَّةِ وَخَاتَمُ النُّبُوَّةِ وَإِنَّمَا رَأَى خَاتَمَ النُّبُوَّةِ بَعْدَ قَبُولِ

“Di dalam hadits tersebut mengandung pengertian kebolehan menerima hadiah dari orang kafir. Sebab, Salman al-Farisi ketika memberikan hadiah kepada Rasulullah saw belum masuk Islam. Ia masuk Islam setelah mengentahui tiga tanda kenabian yaitu penolakan Rasulullah saw terhadap shadaqah (zakat), memakan hadiah, dan khatam an-nubuwwah. Hanya saja Salman al-Farisi ra melihat khatam an-nubuwwah setelah Rasulullah saw menerima hadiahnya”. (Zainuddin al-‘Iraqi, Tharh at-Tatsrib fi Syrah at-Taqrib, Bairut-Mu`assah at-Tarikh al-‘Arabi, tt, juz, 4, h. 40).

 Penjelasan singkat ini jika ditarik ke dalam kontesk pertanyaan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hukum menerima THR dari orang non-muslim adalah BOLEH sebagaimana bolehnya menerima hadiah dari orang non-muslim.

 Sumber: NU Online

Nasib malang, tepatnya kecelakaan fatal/parah baru saja dialami oleh pedangdut Anisa Bahar.

Pada siang hari, Selasa (5/6/2018), mobil yang dikendarainya dengan anaknya diduga mengalami oleng dan menabrak tembok pembatas jalan layang. Mobil Anisa akhirnya mengalami kecelakaan tunggal karena menabrak pagar pembatas jalan layang.

Kabar kecelakaan menyebar langsung dari Anisa Bahar sendiri. Pasalnya, ia mengunggah musibah yang dialaminya tersebut di akun Instagramnya.

Beruntunglah, nasib baik sepertinya masih dikaruniakan pada Anisa dan anaknya. Kecelakaan tersebut diduga terjadi di depan Mall Arta Gading, Jakarta.

Bandara Internasional Ahmad Yani yang baru, resmi digunakan mulai tanggal 6 Juni 2018. Bandara baru sebagai pintu gerbang udara Kota Semarang ini dibangun dengan konsep bandara terapung yang keren.

Lokasi dari bandara baru ini hanya berjarak 1 km dari area bandara lama, namun tidak bisa dijangkau dengan transportasi biasa. Pintu masuk dan keluar dari Bandara Lama tidak bisa digunakan ke bandara baru.

Berikut adalah panduan jalan ke Bandara Ahmad Yani yang Baru.

1. Dari Pusat Kota (Simpang Lima)

Jika anda berada dari pusat kota, silakan mengambil perjalanan ke arah utara Jl Gajahmada, kemudian ke jalan Pemuda, ke Bundaran Tugumuda, lalu pilih Arah Jakarta/Bandara. Kemudian belok kanan melalui Jl Madukoro Raya (sebelah Banjir Kanal) ke utara sampai ke  Pertigaan menuju ke area Maerokoco/PRPP , dan ambil kiri ke Arah Jl bandara yang baru.

2. Dari Tol (Salatiga/Ungaran/Tembalang/Banyumanik)

Jika kebetulan melewati jalan tol, silakan ambil jalan ke arah Tol Kaligawe sampai pada exit tol, dan lanjutkan perjalanan sampai di ujung Jl arteri Soekarno Hatta (Jalan Pelabuhan). Sampai ke bundaran PRPP, lurus ambil ke arah jalan baru Bandara.

3. Dari Kendal/Batang/Pekalongan/Tegal

Jika dari arah kendal/batang/pekalongan/tegal dan sekitarnya, silakan masuk ke kota semarang, sampai di bundaran Kalibanteng (bundaran bandara lama) ambil lurus kiri ke arah Pelabuhan, pada perempatan Pelabuhan, belok kiri ke arah PRPP, lalu ke jalan bandara yang baru

4. Dari Kudus/Pati/Rembang

Dari arah Kudus/Pati/Rembang silakan jalan ke arah Terminal Kaligawe, dan putar ke kanan (di bawah Jembatan Exit Tol Kaligawe) sehingga menuju ke jalan arteri Pelabuhan, dan teruskan sampai bundaran PRPP lalu ambil ke jalur jalan bandara yang baru.

Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, salah satu bandara terbesar di Jawa Tengah kini benar-benar berbenah. Setelah lebih dari 2 tahun dibangun, Bandara Internasional Ahmad Yani hari ini resmi berpindah lokasi, dari sebelumnya di area Komplek TNI, berpindah ke daerah dekat PRPP Jawa Tengah.

Pembangunan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dengan konsep bandara terapung ini menjadi salah satu konsep bandara baru di Indonesia yang keren. Area sekitar Bandara adalah daerah rawa-rawa Bakau dan Pantai utara Semarang.

Berikut penampakan keren foto-foto bandara ahmad yani yang baru!

Video walkaway ke Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang oleh Angkasa Pura II:

Gedung Niaga di Kompleks JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, terbakar Selasa (5/6/2018) sore. Dilansir dari sejumlah media, Kebakaran di Gedung 10 Lantai ini terjadi tiba-tiba dan mengagetkan orang yang sedang lewat di daerah Kemayoran.

 Asap putih tebal membumbung tinggi dari gedung di Jalan Benyamin Sueb itu pada sekitar pukul 17.10 WIB, jam jam sibuk sebelum buka puasa. Menurut Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat Hardisiswan menyampaikan, sampai saat ini sudah 18 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan ke lokasi. "(Sebanyak) 18 unit tiba di Gedung Niaga PRJ pukul 17.12, 10 dari Jakarta Pusat, 3 PK, dan satu Jakarta Utara," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa sore.

 Hardisiswa juga melaporkan adanya orang yang terjebak di dalam gedung. Belum diketahui berapa banyak orang yang terjebak itu.

 Detik-detik kebakaran ini juga direkam oleh sejumlah Netizen dan viral di Internet

Publik Jawa Tengah dikagetkan kembali dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK di wilayah Jawa Tengah kepada salah satu kepala daerah. Adalah Bupati Purbalingga, Tasdi yang dicokok KPK bersama sejumlah orang.

Berikut adalah fakta-fakta tentang operasi tangkap tangan Bupati Purbalingga oleh KPK:

1. Diduga Suap Proyek-proyek

Masih seperti kebanyakan akar dari proses suap yang di OTT KPK, Bupati Purbalingga Tasdi diduga menerima suap terkait komitmen fee sejumlah proyek pembangunan di kawasan Purbalingga. Hal ini diperkuat dengan dicokoknya pula, Kabag Unit Layanan Pengadaan Purbalingga pada penangkapan saat itu.

Dari informasi yang beredar, dugaan mengarah ke megaproyek infrastruktur gedung Purbalingga Islamic Centre (PIC) yang didirikan di Jalan Soekarno Hatta, Kalimanah Purbalingga.

2. Ditangkap bersama 4 Orang Lain

Bupati Purbalingga, ditangkap melalui operasi tangkap tangan KPK ini bersama dengan 4 orang lainnya. Mereka adalah Kabag Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kab. Purbalingga, ajudan pribadi sang bupati dan pemberi suap, seorang pengusaha.

Penangkapan malam hari ini langsung dilanjutkan dengan membawa para tersangka ke Gedung KPK di Jakarta menggunakan transportasi kereta api dari Purwokerto ke Jakarta.

3. Dulu Pernah Jadi Sopir Truk & Ketua DPRD!

Tasdi, semasa orde baru pernah menjadi sopir truk yang biasa mengangkut sayur dari kaki lereng Gunung Slamet menuju kota. Namun berkat keuletannya, semasa reformasi, dia mengawali kiprah politik menjadi Caleg di DPRD dari Partai PDI-Perjuangan.

Karirnya moncer hingga menjadi tokoh penting PDIP di Purbalingga, sehingga diangkat menjadi Ketua DPRD selama dua periode, 2004-2009 dan 2009-2014. Kemudian tahun 2013, diangkat menjadi Wakil Bupati Purbalingga karena Bupati sebelumnya, jadi Wakil Gubernur.

4. Jabat Ketua PDIP Purbalingga 3 Kali, Kini Dipecat

Tasdi, tercatat masih sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purbalingga sampai tahun 2020 mendatang. Jabatan ini ternyata pernah diraihnya selama 3 kali, dari tahun 2005.

Nasib malang, kemarin dia ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan terkait dugaan komitmen fee pembangunan megaproyek Purbalingga Islamic Centre (PIC)

5. Sebelum Ditangkap, Sempat Buka Puasa dan Sedekah untuk Tukang Becak

Sebelum ditangkap dalam operasi tangkap tangan oleh KPK, Tasdi dan sejumlah jajaran pemerintahan daerah Purbalingga ternyata menggelar Buka Puasa Bersama dan Sedekah kepada para duafa, tukang becak di Pendopo.

Pulau Kalimantan sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia, punya keindahan terpendam dibeberapa sisi. Tidak hanya Malang, Bali, Bandung, Raja Ampat dll. Coba deh sekali-kali, buka atlas, dan buka-buka aplikasi travel dan cari destinasi kota-kota di Kalimantan. Berikut daftar tempat-tempat wisata keren, terpencil jarang dikunjungi namun indah banget di Kalimantan.

1. Danau Biru Pengaron Kalimantan Selatan

Danau yang memang benar-benar terlihat berwarna Biru ini terletak di desa Sungkai, kecamatan Simpang Empat Pengaron, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Sekitar 100 kilo dari Ibukota Kalsel, Banjarmasin. Danau dari galian bekas tambang ini sangat indah untuk dikunjungi, dibuat foto-foto maupun berenang.

2. Bukit Tangkiling, Palangkaraya

Bukit penuh legenda ini, ada di ibu kota Kalimantan Tengah, Palangkaraya. Ketinggiannya cuma 500 meter, setengah jam kalau di daki.

3. Pulau Randayan, Singkawang

Pulau Randayan berada di pesisir kota Singkawang Kalimantan Barat. Bisa dijangkau lebih mudah dengan pesawat ke Pontianak lalu ke kota Singkawang. Kota dengan kebudayaan tionghoa terkental di Indonesia. Pulau Randayan sendiri sangat indah, meskipun luasnya kecil. Perjalanan dari Teluk Suak, Singkawang ini bisa dilakukan dengan kapal motor ataupun speedboat.

4. Danau Labuan Cermin, Berau

Salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Berau. Danau Labuan Cermin terletak di desa Labuan Kelambu, Kec. Biduk-biduk, Berau. Lihat nih cantiknya:

5. Air Panas Semolon, Malinau

Taman Wisata Air Panas Semolon terletak di desa Paking, kecamatan Mentarang kabupaten Malinau Kalimantan Utara. Air panas yang mengalir ini unik, karena turun dalam berundak-undak seperti air terjun kecil-kecil yang indah.