diobrolin.com

Indonesia Ngobrol, Ngobrolin Indonesia

 Jennie Blackpink secara resmi meluncurkan kanal youtube pribadinya tepat pada perayaan ulang tahunnya, Sabtu (16/1) kemarin. Kabar gembira untuk penggemar Blackpink ini seolah menambah kanal untuk menggemari idolanya itu lebih banyak, mengikuti beberapa idol k-pop yang sudah lebih dulu memiliki kanal youtube seperti Suhyun AKMU, Solar MAMAMOO, Yeri Red Velvet dll.

Nama kanal milik Jennie Blackpink bertajuk "Jennierubyjane Official". Nama kanal ini memang sengaja dibuat mirip akun instagram milik Jennie, yaitu @jennierubyjane.

Video pertamanya dibuka dengan sapaan oleh Jennie.

"Halo, ini Jennie. Akhirnya aku berkesempatan membuka channel YouTube. Aku berpikir tentang apa yang ingin aku lakukan di hari ulangtahunku dan aku memutuskan untuk membagikan keseharian dan hal-hal menarik dengan kalian," ungkapnya.

Jennie menyiapkan cover lagu Mandy Moore yang berjudul When Will My Life Begin? dari film Tangled Disney. Dia juga memperlihatkan sedikit seisi rumahnya dan kesibukan sehari-hari di luar kesibukan sebagai idola K-Pop.

Dalam pantauan redaksi, kanal youtube Jennie ini sudah tembus 1 juta subscriber hanya dalam waktu hitungan jam. Sangat luar biasa!

 Total ada 9 (sembilan) ruas jalan tol yang naik tarifnya pada hari ini, tanggal Minggu, 17 Januari 2021. Langkah pemerintah melakukan penyesuaian tarif ini juga dibarengi dengan pengintegrasian beberapa ruas jalan tol seperti Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Cikampek II Elevated.

Dari 9 jalan tol yang tarifnya disesuaikan ini, 7 di antaranya dimiliki dan dioperasikan oleh PT Jasa Marga dan anak-anak usahanya. Sementara 2 sisanya merupakan bagian dari PT Waskita Karya.

Berikut ini deretan jalan tol yang akan naik tarifnya per tanggal 17 Januari 2021:

1. Ruas Tol JORR I, Akses Tanjung Priok (ATP), dan Segmen Bintaro Viaduct-Pondok Ranji

2. Tol Cipularang

3. Tol Padaleunyi

4. Tol Palimanan-Kanci

5. Tol Semarang Seksi A, B, C

6. Tol Surabaya-Gempol

7 Tol Kanci-Pejagan

8 Tol Pejagan-Pemalang

9 Integrasi Tol Jakarta-Cikampek Layang

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, pada dasarnya, penyesuaian tarif yang dilakukan pihaknya merupakan penundaan karena Kepmen PUPR telah ditetapkan sejak tahun 2020.

"Namun, Jasa Marga belum melakukan penyesuaian tarif dengan pertimbangan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Saat ini, dengan harapan pada penanganan pandemi COVID-19 melalui program vaksin, Jasa Marga akan melakukan penyesuaian tarif yang sebenarnya di beberapa ruas tol sudah tertunda berbulan-bulan lamanya," ujar Heru dalam keterangannya.

 Calon Rektor terpilih sebuah universitas terkemuka di Sumatera Utara terpaksa gigit jari setelah keterpilihannya batal dengan sendirinya setelah Rektor aktif menerbitkan surat keputusan yang menjatuhkan sanksi atasnya karena melakukan 'self-plagiarism', plagiarisme pribadi. Apa itu?

Menurut Kemendibud, Ini Pengertian Plagiarisme

Plagiarisme diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Dalam pasal 1 ayat 1 Permen tersebut, plagiat diartikan sebagai 'perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai'.

Pasal 2 ayat 1 Permen ini memuat penjelasan tentang lingkup plagiat. Isinya:

Plagiat meliputi tetapi tidak terbatas pada :

a. mengacu dan/atau mengutip istilah, kata-kata dan/atau kalimat, data dan/atau informasi dari suatu sumber tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyatakan sumber secara memadai;

b. mengacu dan/atau mengutip secara acak istilah, kata-kata dan/atau kalimat, data dan/atau informasi dari suatu sumber tanpa menyebutkan sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyatakan sumber secara memadai;

c. menggunakan sumber gagasan, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai;

d. merumuskan dengan kata-kata dan/atau kalimat sendiri dari sumber kata-kata dan/atau kalimat, gagasan, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumber secara memadai

e. menyerahkan suatu karya ilmiah yang dihasilkan dan/atau telah dipublikasikan oleh pihak lain sebagai karya ilmiahnya tanpa menyatakan sumber secara memadai.

Pengertian Self Plagiarism

Menurut Wikipedia, Self-Plagiarism adalah penggunaan ulang secara signifikan, identik atau hampir identik sebagian dari hasil kerja pribadi seseorang olehnya sendiri. Istilah Self-Plagiarism sangat dengan dengan Recycling Fraud atau penipuan daur ulang, dimana dalam bahasa sederhana, seseorang mendaurulang kembali pemikirannya yang sudah diterbitkan dalam sebuah artikel di jurnal untuk diterbitkan kembali di jurnal lain. 

Ada dua masalah utama dalam self-plagiarism ini, yaitu masalah hak cipta dan masalah etis. Hak cipta jelas dilanggar bila ada perjanjian khusus dari suatu jurnal dengan penulis. Masalah etis yang bisa dikatakan serius karena menciderai semangat publikasi ilmiah itu sendiri, yang sangat menjauhi daur ulang informasi seperti yang diamplifikasi di penerbitan umum seperti media sosial, koran dll.

Berdasarkan penjelasan Soelistyo dalam 'Plagiarisme: Pelanggaran Hak Cipta dan Etika' seperti dilihat di Panduan Antiplagiarisme pada situs Perpustakaan Universitas Gajah Mada (UGM), ada empat tipe plagiarisme, yakni plagiarisme kata demi kata, plagiarisme atas sumber, plagiarisme kepengarangan dan self-plagiarism.

Dia menyebut self-plagiarism terjadi ketika penulis mempublikasikan satu artikel pada lebih dari satu redaksi publikasi dan mendaur ulang karya tulis atau karya ilmiahnya. Menurutnya, jika ingin mengambil karya sendiri untuk karya baru, maka orang tersebut harus memiliki perubahan berarti pada karya barunya.

Sementara, dalam situs University of Oxford, self-plagiarism disebut sebagai auto-plagiarism. Berikut penjelasan tentang auto-plagiarism di situs tersebut setelah diterjemahkan ke bahasa Indonesia:

Anda tidak boleh mengirimkan karya untuk penilaian yang telah anda kirimkan (sebagian atau seluruhnya), baik untuk kuliah anda saat ini atau untuk kualifikasi lain dari ini, atau universitas lainnya, kecuali hal ini secara khusus diatur dalam peraturan khusus untuk kuliah anda. Di mana pekerjaan sebelumnya oleh anda bisa dikutip, yaitu telah diterbitkan, Anda harus merujuknya dengan jelas. Karya identik yang dikirimkan secara bersamaan juga akan dianggap sebagai plagiarisme otomatis.

Sementara itu, M Roid dalam 'Plagiarism and self-plagiarism: What every author should know' seperti dilihat di situs Glasgow Caledonian University menyebut self-plagiarism juga bisa disebut sebagai duplikat atau multi publikasi. Dia mengatakan plagiat diri sendiri terjadi saat pengarang menggunakan lagi bagian dari karyanya yang telah diterbitkan dan dilindungi hak cipta di terbitan selanjutnya.

Hal itu, katanya, bisa terjadi jika pengarang tidak mengaitkan publikasi sebelumnya saat menggunakan karya ilmiahnya untuk karya baru.

Permen Kemendikbud tak secara spesifik mengatur soal self-plagiarism. Meski demikian, ada sejumlah sanksi yang menanti bagi para pelaku plagiat mulai dari teguran hingga pembatalan ijazah.

Lonjakan tagihan listrik yang fantastis kembali menjadi perbincangan santer di twitter setelah seorang dengan akun @melanieppuchino menuliskan utas tentang tagihan heboh sekitar 68 juta yang dia terima. 

"Kami tinggal di rumah yg sekarang baru 2th pas di bulan februari nanti. Selama itu, tukang catat tagihan tidak pernah mencatat, baru datang sekitar september/oktober untuk mencatat tagihan (padahal mobil selalu terparkir di dalam pagar). Nah keanehan mulai muncul," lanjutnya.

"Bulan Nov tagihan masih sama, hampir 5jt lagi. Kita mencoba ke kantor PLN kreo untuk mendapatkan jawaban, tapi hanya satpam yg disuruh melayani. Hanya disuruh tinggalin no telp dan nama, dan akan dihubungi. Ternyata, total kekurangannya 20jt (kira2), dan kami dipaksa nyicil/putus."

"Kemarin, Kamis 13 Jan 2021, katanya ada inspeksi dari PLN. Petugas dengan seragam resmi memeriksa rumah/rumah dan termasuk rumah kami.

Pas di rmh kami, petugas minta ijin mengganti meteran. Alesannya angka meteran gak presisi jadi hrs di cek. Krna ga pernah ngapa2in, kita iyain."

"Kami diwajibkan datang untuk uji lab hari ini Jum'at (15 Jan 2021) untuk menyaksikan. Unit sudah ditahan sejak kemarin, dan kami bahkan tidak tau isinya. Hari ini sewaktu dibuka, mereka bilang segel rusak dan ada kabel jumper di dalam meteran. Face screaming in fearFace screaming in fear."

"Kami yg awam & sm skali tidak familiar, tdk di edukasi bahwa meteran yg asli itu seperti apa bentuknya, seketika shock.

Gimana g shock, pemilik rumah sebelumnya adalah kk suami sy yg bisa dibilang konglomerat. Untuk apa sih mainin listrik yg dayanya hanya 1/40 rumahnya skrg??"

"Dan kami kemudian disodori tagihan lagi sebesar 68jt lebih. Padahal saat uji lab, erornya hanya 10-15%. Lantas darimana angka ini ?

Udah gitu, pilihan cuma bayar/putus. Enak yah @pln_123 Pak dhe @jokowi?? Kami yg serasa kena petir siang bolong," seraya menggunggah foto tagihannya.

Lalu, pada 16 Januari dia kembali mengabarkan kondisi terbaru. "Update per Sabtu 16 Januari 2021, saya sudah didatangi Manager op PLN Kreo Bp Yondri dan manager kelistrikan. Mereka bermediasi dan menjelaskan serta meminta maaf. Tapi kompensasi nama baik tercemar, kerugian waktu, & etika karyawan PLN belum clear. Hanya ada solusi sementara," seraya mengunggah foto pertemuan tersebut.

"Ternyata ada opsi pengajuan keberatan selain bayar/putus ya teman2. Dan ini TIDAK DISAMPAIKAN oleh petugas yg berkaitan. Banyak banget kekurangan etika dan edukasi yg kurang dari PLN. Saya masih berharap nominal sisa 48jt bisa dinegosiasikan, bahkan kami bersedia disidik jari."

"Kami ingin berusaha percaya @pln_123 memang melayani setulus hati, dari rakyat untuk kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, saya harap pihak pln sndiri bersedia dikoreksi dan dikompensasi thdp kesalahan dan kelalaian pihak pln. Saya & suami harap bs mendapat solusi terbaik," 

Tanggapan PLN

Halo Ibu Sabarudin Widjaja/ Si Hanih @Melanieppuchino,

Kami memohon maaf atas ketidanyamanan pelayanan PLN, PLN UP3 Kebon Jeruk telah hadir langsung menemui Bapak & Ibu Sabarudin Widjaja menindaklanjuti keluhan tersebut pada Jumat, 15 Januari 2021. Izinkan kami memberikan penjelasan sebagai berikut:

1. Petugas PLN datang ke rumah Bapak Sabarudin Widjaja tanggal 14 Januari 2021 untuk melakukan P2TL (Penerbitan Pemakaian Tenaga Listrik) dan disaksikan oleh pemilik rumah. Ditemukan kejanggalan pada kWh meter yaitu pada angka meter dan segel. PLN membawa kWh meter tersebut untuk dilakukan pengujian. Bersamaan dengan itu kWh meter di rumah pelanggan digantib dengan yang baru. P2TL sendiri merupakan rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan sampai penindakan terhadap instalasi pemakai tenaga listrikdari PLN (Info lebih lanjut ttg P2TL: https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-p2tl.

2. Pada Jumat, 15 Januari 2021, PLN melakukan pengujian terhadap kWh meter tersebut di Laboratorium Tera PLN dengan disaksikan oleh Bapak dan Ibu Sabarudin dan pihak kepolisian.

3. Dari hasil pengujian, ditemukan kawat jumper pada kWh meter yang mempengaruhi penghitungan pemakaian tenaga listrik. Pelanggaran tersebut masuk ke golongan pelanggaran P2 yaitu mempengaruhi pengukuran energi dan dikenakan tagihan susulan (TS) sebesar Rp 68.051.521. Dasar penetapan TS berdasarkan Keputusan Direksi PLN tentang P2TL yang disahkan oleh Keputusan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM No.304K/20/DJL.3/2016.

4. Bapak Sabarudin menerima penjelasan dari PLN dan bersedia membayar tagihan susulan tersebut dengan uang muka sebesar 30%, sisanya dibayar secara angsuran.

5. PLN menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengutak-atik kWh meter sendiri yang dapat mempengaruhi pemakaian energi listrik. Serta sebelum melakukan jual beli/ sewa menyewa rumah agar melakukan cek kelistrikan (rekening, kWh) ke PLN agar tidak timbul permasalahan di kemudian hari.

Demikian penjelasan ini kami sampaikan untuk keseimbangan informasi. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Salam, PLN UP3 Kebon Jeruk

 Donald Trump akhirnya memasukkan Xiaomi sebagai salah satu perusahaan yang masuk dalam daftar hitam investasi bagi perusahaan Amerika Serikat. Donald Trump dalam keputusan terakhirnya sebelum purna tugas sebagai Presiden Amerika Serikat ini menggolongkan Xiaomi sebagai 'Perusahaan Militer Komunis China'. Meskipun diblokir oleh Amerika, nasib Xiaomi cukup berbeda dengan Huawei yang benar-benar berdarah-darah menghadapi pemblokiran, kenapa?

Diikutkannya Xiaomi pada daftar ini membuat mereka tidak lagi bisa mendapat investasi dari perusahaan-perusahaan asal Amerika Serikat. Demikian pula bagi perusahaan asal AS yang sudah terlanjur berinvestasi di Xiaomi harus segera melakukan divestasi, paling lambat pada 11 November 2021 mendatang.

Huawei, salah satu perusahaan China yang terlebih dulu mendapat perlakuan blokir pada awalnya membuat mereka tak bisa menerima investasi dari perusahaan asal AS. Dan lebih apes lagi, Huawei kemudian juga masuk dalam daftar lain yang bernama 'Entity List', dimana perusahaan yang masuk dalam daftar ini sama sekali tidak boleh bekerja sama dengan perusahaan asal AS, ataupun perusahaan yang menggunakan teknologi asal AS. Alhasil Huawei banyak tak bisa menggunakan teknologi, yang dibuat oleh perusahaan AS, atau patennya dimiliki perusahaan asal AS, contohnya Qualcomm.

Sementara Xiaomi masih bisa melakukan hal itu. Xiaomi masih bisa menggunakan komponen asal AS, chip buatan Qualcomm, ataupun teknologi lain yang dibuat oleh perusahaan asal AS.

Selain itu, Donald Trump juga memblokir layanan keuangan dari China. Aplikasi tersebut antara lain adalah Alipay dari grup Alibaba milik Jack Ma, CamScanner, QQ Wallet, SHAREit, Tencent QQ, VMate, WeChat Pay, dan WPS Office.

 Gunung Semeru meluapkan awan panasnya setinggi 4,5 kilometer pada sore ini, Sabtu (16/1). Keganasan Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini menimpa kawasan lereng gunung yang masuk ke kabupaten Lumajang. Berikut adalah keganasan yang ditangkap oleh sejumlah kamera:

Daniel Leonard Sinaga, salah seorang warga twitter membagikan kisah haru sekaligus menggugah dari ujung timur Indonesia. Dari desa Wamerek, Lembah Baliem, daerah Pegunungan Tengah, Papua, terlahir kisah seorang bernama Sulaiman, seorang guru satu-satunya di desa tersebut. Selain guru satu-satunya, Pak Sulaiman juga seorang Pendeta disana.

Berikut adalah fakta-fakta terkait Pak Sulaiman, guru terakhir dan satu-satunya di Wamerek, Lembah Baliem, Papua:

1. Guru satu-satunya di Sekolah

Hidup di daerah pedalaman, tak banyak guru yang bersedia ditempatkan di sekolah tempat Pak Sulaiman mengajar. Begitu jauh dari jalanan yang bisa diakses oleh kendaraan, Wamerek setidaknya butuh lima jam berjalan kaki. Selama puluhan tahun, beliau ditempatkan sendiri di sana.

2. Kepala Sekolah Datang Sebulan Sekali

Kepala sekolah di tempatnya bekerja hanya datang sebulan sekali, di awal bulan dan menjelang ujian. Bagi sebagian orang, hal itu memang tidak adil, namun pak Sulaiman justru sama sekali tak menunjukkan gestur keluhan.

3. Juga menjadi sarjana satu-satunya

Menjadi satu-satunya sarjana di kampung membuat Pak Sulaiman merasa bertanggung jawab untuk menyampaikan ilmunya pada yang lain. Harapannya, makin banyak anak-anak yang semangat belajar hingga jenjang yang lebih tinggi. Dengan demikian, maka anak-anak Lembah Baliem juga bisa maju dan setara dengan anak-anak daerah lain yang lebih maju.

4. Masih Honorer

Pak Sulaiman tak perlu menjadi guru honorer jika hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya, ladang dan kebun sebenarnya sudah cukup. Menjadi pengajar adalah pelayanan terhadap Tuhan, seperti saat ia memimpin jemaat di setiap ibadah di hari Minggu.

 Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menegaskan, masyarakat tidak bisa memilih vaksin Covid-19 sesuai keinginannya.

Alasannya, semua telah diatur dalam pentahapan yang  dijadwalkan oleh Kementerian Kesehatan. "Enggak bisa memilih (vaksinnya). Semua sudah diatur, dijadwalkan dan sesuai dengan tahapannya," ujar Nadia.

Seperti kita ketahui, Pemerintah Indonesia akan menggunakan berbagai merek vaksin Covid-19 dalam menjalankan program vaksinasi, yang telah dimulai sejak Rabu (13/1/2021) lalu.

Pemerintah pun terus mengupayakan ketersediaan vaksin Covid-19 dari jalur bilateral maupun multiratel.

Dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/12758/2020 yang diteken pada Senin (28/12/2020), pemerintah menetapkan 7 vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi Covid-19 di tanah air, yakni yang diproduksi PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Novavax Inc, Pfizer Inc dan BioNTech, dan Sinovac.

Pemerintah terus mendorong  agar semua pihak dapat berpartisipasi dan mensukseskan program vaksinasi Covid-19 dengan pendekatan persuasif.

 Gunung Semeru kembali bergelora dengan mengeluarkan awan panas yang membumbung tinggi sejauh 4,5 kilometer. Hal ini disampaikan oleh BNPB Indonesia lewat media twitter pada hari ini Sabtu (16/1). Awan panas yang membumbung tinggi tersebut, meletus sekitar pukul 17.24 WIB. 

Dalam video yang dibagikan tersebut, sejumlah warga terlihat sangat panik. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq juga mengkonfirmasi informasi dari BPNB tersebut. "Gunung semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo," jelas Thoriqul Haq. "Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas."

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Semeru masih dalam level II atau 'Waspada', menyusul terjadinya Awan Panas Guguran (APG) yang meluncur sejauh kurang lebih 4 kilometer dan disertai guguran lava dengan jarak luncur antara 500-1.000 meter dari Kawah Jonggring Seleko ke arah Besuk Kobokan pada Sabtu (16/1) pukul 17.24 WIB. 

Adapun penetapan status gunungapi tersebut didasarkan pada hasil pemantauan visual dan instrumental, serta potensi ancaman bahayanya. 

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, serta potensi ancaman bahaya nya, maka tingkat aktivitas Gunung Semeru masih ditetapkan pada  Level II atau Waspada," jelas PVMBG dalam keterangan resmi. 

Sementara itu, berdasarkan hasil rekaman gempa APG pada hari ini tercatat dengan amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi 4.287 detik. 

Dalam hal ini, PVMBG juga memastikan bahwa potensi ancaman bahaya erupsi Gunung Semeru adalah berupa lontaran batuan pijar di sekitar puncak, sedangkan material lontaran berukuran abu dapat tersebar lebih jauh tergantung arah dan kecepatan angin.

 Latihan Gabungan Banser Kota dan Kabupaten Pekalongan resmi di tutup oleh Habib Luthfi bin Yahya. Acara di Markas KODIM Pekalongan tersebut, ditujukan untuk membentuk Banser yang memiliki jiwa hebat, kuat dan siap membela ulama, kiai dan NKRI. 

Habib Luthfi bin Yahya berpesan: "Banser sebagai komponen bangsa harus ikut menjaga NKRI. Oleh karena itu, saya telah meminta kepada TNI untuk melatih dalam hal wawasan kebangsaan, kedisiplinan, keterampilan, dan lain-lain yang terkait dengan pertahanan,".

Dalam kesempatan tersebut, mewakili Komandan Kodim 0710/Pekalongan, Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Raji mengungkapkan, pelatihan yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan edukasi tentang kedisiplinan kepada para peserta, membekali wawasan kebangsaan, dan materi lainya yang berkaitan dengan tugas-tugas Banser. Kodim 0710/Pekalongan juga membuka peluang bagi ormas lainnya untuk dididik mengenai kedisiplinan dan peningkatan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan serta bela negara. 

“Ada 80 anggota Banser dari Kota dan Kabupaten Pekalongan yang mengikuti kegiatan ini, tujuannya agar mereka mempunyai kedisiplinan yang kuat sehingga dalam melaksanakan tugas di lapangan bisa berjalan dengan baik serta mempunyai jiwa nasionalisme yang baik,” ujarnya kembali.