diobrolin.com

Indonesia Ngobrol, Ngobrolin Indonesia

Veronica dapat tumbuh di berbagai tempat seperti perbatasan, bebatuan dan tempat tidur yang ditinggikan atau tepi kolam, tergantung pada varietasnya. Veronicas mudah tumbuh dan membutuhkan sedikit perawatan selain memotong varietas herba di akhir musim.

Tempat Menanam

Tumbuhkan veronica abadi herba di perbatasan di tanah yang subur dan tahan kelembaban di bawah sinar matahari atau sebagian teduh. Spesies alpine kerdil paling baik di bawah sinar matahari dan ideal untuk bebatuan, tepian atau tempat tidur yang ditinggikan karena mereka membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik yang rendah nutrisi atau tumbuh di tepi perbatasan jika tanahnya cocok. Tumbuhkan veronica yang menyukai kelembapan di air dangkal atau tanah berawa di bawah sinar matahari atau sebagian teduh.

Cara Menanam

Tanam veronicas setiap saat sepanjang tahun, meskipun musim gugur atau musim semi adalah waktu yang paling menguntungkan bagi tanaman untuk tumbuh. Ruang tanaman terpisah 30cm-60cm tergantung pada ukuran varietas dan terus disiram sampai mapan.

Perawatan

Diperlukan sedikit perawatan. Kurangi varietas herba abadi dan menyukai kelembaban dari akhir musim gugur hingga akhir musim dingin, setelah pertumbuhan mati kembali ke tanah. Veronica abadi herba di perbatasan dapat diperbanyak dengan pembagian sementara tidak aktif, di musim gugur atau awal musim semi. Veronica yang menyukai kelembapan paling baik dibagi selama musim panas. Veronica alpine kerdil dapat diperbanyak dengan stek yang diambil di musim semi.

Mengenal Apa itu Bunga Veronica

- Posted in Viral by

 Veronica, juga dikenal sebagai speedwell, adalah tanaman taman berumur panjang yang mekar di akhir musim semi atau musim panas dengan paku bunga cantik yang sebagian besar bernuansa biru, dengan beberapa putih, merah atau merah muda. Pemeliharaan rendah, bebas dari sebagian besar hama dan penyakit dan menarik bagi penyerbuk, mereka layak untuk ditanam lebih luas.

Veronica dapat berupa tanaman keras herba, tanaman kerdil yang dikenal sebagai alpine atau tanaman keras yang menyukai kelembaban untuk air dangkal atau tanah berawa. Bunga Veronica sebagian besar kecil secara individual, dengan banyak berkerumun bersama untuk membentuk paku tegak, menara, atau kelompok. Tinggi tanaman bervariasi dari 10cm hingga 60cm, dan penyebaran tanaman dari 20cm hingga 60 cm. Varietas yang lebih tinggi mungkin perlu diintai di area yang terbuka.

Veronica herba terlihat bagus di bagian depan tempat tidur dan perbatasan dan terlihat bagus dalam skema taman informal atau pondok, sementara jenis alpine terlihat bagus di tempat tidur dan bebatuan yang ditinggikan. Veronica yang menyukai kelembapan sangat cocok untuk tepi kolam atau di taman rawa.

Genus Veronica sekarang kadang-kadang termasuk hebes, yang dikenal sebagai veronica semak.

 JAKARTA - Pada 10 Juni yang akan datang, akan terjadi kembali fenomena alam yang jarang terjadi yakni Gerhana Matahari Cincin. Wilayah gerhana meliputi belahan Bumi bagian utara terutama kawasan lingkar kutub. Daerah umbra hanya melintasi daratan Canada, pulau Hijau (Greenland) dan Russia timur jauh.

Sekretaris Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) Ma’rufin Sudibyo menyebut hanya daerah-daerah ini yang bisa menyaksikan Matahari berbentuk cincin pada saat puncak gerhana. Ini artinya gerhana ini tidak bisa disaksikan dari Indonesia. Gerhana Matahari ini secara global dimulai pada pukuol 09:30 UTC (GMT) dan berakhir pada pukul 12:00 UTC. Titik greatest eclipse terjadi di sisi barat pulau Hijau, di mana annularitas (ketampakan Matahari berbentuk cincin) akan terjadi selama 3 menit 51 detik.

Jika disesuaikan dengan waktu di Indonesia bagian barat misalnya, waktu gerhana matahari cincin ini akan dimulai pada pukul 15:12:20 WIB hingga selesai pukul 20:11:19 WIB. Fase puncak gerhana akan terjadi pada pukul 17:41:54 WIB.

umat Islam disunahkan melaksanakan shalat sunah gerhana matahari. Shalat gerhana matahari dilakukan saat gerhana sedang terjadi dengan memastikannya terlebih dahulu.

Adapun tata cara shalat gerhana yang dilakukan sebanyak dua rakaat ini kurang lebih sama dengan shalat gerhana bulan. Panduannya adalah sebagai berikut:

1.    Niat melakukan shalat gerhana matahari dengan lafal niat:

أُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَالَى

2.    Setiap rakaat terdiri dari dua kali ruku dan dua kali sujud.
3.    Setelah ruku pertama dari setiap rakaat membaca Al-Fatihah dan surat kembali.
4.    Ruku yang pertama dalam rakaat pertama lebih panjang dari yang kedua.
5.    Pada rakaat pertama, bacaan surat pertama lebih panjang dari bacaan surat kedua. Demikian pula pada rakaat kedua, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua.
6.    Bacaan surat dalam shalat sunah gerhana matahari boleh dipelankan atau boleh juga dikeraskan. Tetapi disunahkan pelan.
7.    Dalam shalat gerhana tidak ada adzan dan iqamah.
8.    Setelah shalat, disunahkan untuk melanjutkan dengan dua khutbah
9.    Jika shalat sunah gerhana matahari dilakukan sendirian, tidak perlu ada khutbah. Begitu juga jika semua jamaahnya adalah perempuan.

Cara Tobat Menurut Ibnu Athaillah

- Posted in Viral by

Secara etimologi, tobat berarti kembali. Sedangkan secara terminologi, tobat berarti meninggalkan pekerjaan-pekerjaan yang hina menuju pekerjaan yang mulia. Atau jika disederhanakan, sebagaimana yang disampaikan oleh Imam al-Ghazali, yaitu menyucikan hati dari dosa.

Syekh Ibnu ‘Athaillah as-Sakandari dalam kitab Tajul Arus menjelaskan tentang dua cara bertobat yang bisa ditempuh seorang hamba, yaitu:

1. Al-Muhasabah(intropeksi)

Maksudnya, orang yang ingin betobat harus tidak lepas dari introspeksi. Caranya, selalu berpikir sepanjang umurnya, jika waktu pagi datang, maka berpikirlah perihal apa yang akan dilakukan olehnya pada malam hari. Jika tips ini dilakukan, maka Allah akan memberikan kemuliaan, sebagaimana yang disampaikan oleh Syekh Ibnu ‘Athaillah, yaitu:

فان فعلت ذلك أبدلك الله بالحزن فرحا، وبالذل عزا، وبالظلمة نورا، وبالحجاب كشفا

Artinya, “Jika tips di atas dilakukan, maka Allah akan menggantikan kesedihan dengan bahagia, hina dengan mulia, gelap dengan cahaya, dan kondisi terhalang (dari Allah) dengan terbuka (mengenal Allah)” (Syekh Ibnu ‘Athaillah as-Sakandari,Farhatun Nufus bi Syarhi Tajul Arus, [Beirut: Dar al-Kutub 2015], h. 17).

2.  Al-Ittiba’(mengikuti Rasulullah)

Maksudnya, orang yang ingin bertobat harus tunduk patuh mengikuti Rasulullah dalam semua tindakannya, seperti pekerjaan, ucapan, dan ibadahnya.

Ketentuan kedua ini begitu jelas, dalam Al-Qur’an Allah memerintahkannya, yaitu:

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya, “Katakanlah (Nabi Muhammad), ‘Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.’ Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Ali ‘Imran: 31)