diobrolin.com

Indonesia Ngobrol, Ngobrolin Indonesia

 Setelah setahun lebih pandemi Covid-19 berlangsung, ketua umum PBNU KH Said Aqil Siradj menyayangkan realita memprihatinkan dikalangan NU yang masih banyak tidak mempercayai keberadaan virus corona maupun penyakit covid-19 tersebut. Bahkan lebih jauh, masih banyak  pula yang salah paham dengan kebijakan vaksinasi.

"Itu masih ada beberapa kiai. Bukan kiai kecil lagi, bukan kiai imam mushola, bukan. Masih enggak percaya Covid-19, masih suudzon dengan kebijakan vaksinasi merupakan pembantaian massal," ujarnya seperti dikutip dalam acara Doa dan Syukur 23 Tahun PKB kemarin.

 

Oleh karena itu, ia meminta PKB turut serta membantu NU menyadarkan warga NU dan kiai-kiai yang masih tak percaya Covid-19 dan vaksinasi.

"Masya Allah, tolong saya minta dibantu oleh PKB lah, bagaimana menyadarkan beberapa kiai-kiai lho ya yang masih tidak percaya dengan adanya Covid-19," tutur Said.

Menurut dia, jika sikap para kiai ini terus dibiarkan, maka akan membuat buruk penilaian publik terhadap NU. Publik akan menilai bahwa NU tidak nasional atau justru lebih umum lagi dengan menganggap Islam tidak nasional. Hal ini pun ditanggapi PKB dengan beberapa kali menggelar sentra vaksinasi dibeberapa titik dan kemungkinan akan berlangsung ke depan di banyak titik lagi di daerah-daerah.

 Wakil Ketua Umum DPP PKB, Jazilul Fawaid mengomentari pernyataan Menkomarives, Luhut Pandjaitan yang berpesan kepada Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar bersikap Presiden ke-3 B.J Habibie saat mengkritik. "Pak SBY bukan Pak Habibie dan nggak perlu 'di-Habibie-kan'. Toh Pak SBY selama ini juga tetap menjaga kesantunan dalam berpolitik," kata Jazilul.

 

Jazilul menyebut seharusnya Luhut dan SBY saling mengedepankan persaudaraan di tengah kondisi pandemi COVID-19. Menurutnya, kedua Jenderal purnawirawan ini saling membesarkan satu sama lain.

Jazilul meminta semua pihak tidak membesar-besarkan pernyataan Luhut. Dia mengingatkan semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Nggak usah dibikin heboh. Toh, Kita semua maklum Pak SBY dan Pak Luhut, sama-sama Jenderal yang memiliki segudang prestasi, meskipun beda gaya, watak dan perjalanan kariernya. Namun keduanya pasti juga tidak sempurna, memiliki kekurangan dan kelebihan. Tentu agar saling menutupi kekurangan yang ada, kami berharap keduanya saling memahami keadaan masing-masing, kami yakin keduanya tiada henti berusaha untuk kemajuan bangsanya," ujarnya.

 Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Media Mensesneg akhirnya ditunjuk. Dia adalah Faldo Maldini, salah seorang politisi PSI (Partai Solidaritas Indonesia). Faldo adalah mantan politikus PAN yang pernah menjadi ikon penyerang utama dari koalisi pada Pilpres 2019.

 

Menanggapi hal itu, Abdul Kadir Karding, Politikus PKB mengatakan Faldo dulu rajin mengkritik Presiden Joko Widodo secara pribadi, bukan kebijakan. "Dulu mungkin dia mengkritik Jokowi karena dia ada di PAN yang berbeda dengan koalisi 01. Tapi apapun itu kalau menurut saya sih, sebagai aktivis ini, kalau misal saya agak berat ya, karena dulu yang dikritik itu orangnya, bukan kebijakan saja tapi kepada orangnya," ujar Karding.

Karding menduga, pengangkatan Faldo karena koneksinya sebagai politikus PSI saat ini. Faldo diketahui menjabat sebagai Ketua DPW PSI Sumatera Barat. Sejak akhir 2019 lalu, ia mengundurkan diri dari PAN.

"Jadi kalau saya pribadi melakukan hal seperti itu mungkin berat ya karena mengabdi pada orang yang saya hajar dan itu seluruh Indonesia tahu. Saya punya rasa enggak mungkin sampai, agak sulit bagi saya," katanya.

 DPW PKB Sumatera Utara mengutuk keras tindakan keji pembunuhan terhadap seorang tokoh ulama di kabupaten Labuhanbatu Utara, Ketua MUI Labuhanbatu Utara, KH Aminurrasyid Aruan pada Selasa, 27 Juli 2021 kemarin. "Kami mengutuk keras tindakan kekerasan hingga menghilangkan nyawa seorang pemuka agama, ketua MUI Labuhanbatu Utara," kata Ketua DPW PKB Sumut, Ahmad Iman Sukri, Rabu (28/07/2021).

"Kami sangat berduka atas musibah ini, dan meminta aparat kepolisian untuk segera mombongkar motif pelaku. Menuntaskan hingga ke akar-akarnya atas perlakuan keji pelaku terhadap ulama kita supaya kejadi serupa tidak pernah terjadi lagi," kata Iman.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan mengatakan korban dibacok saat tengah duduk duduk di depan rumahnya. Deni menyebutkan kejadian bermula saat korban duduk di depan rumahnya. Kemudian seorang pria datang membawa parang dan tiba-tiba membacok korban. Namun Deni belum bisa merinci kasus itu. Menurut Deni polisi telah menangkap pelaku tak jauh dari rumah korban. Saat ini polisi tengah memboyong pelaku.

Pimpinan DPRD Jawa Tengah (Jateng) memanggil Sekretaris Daerah (Sekda) beserta organisasi pemerintah daerah terkait di ruang pimpinan DPRD. Hal ini untuk menindaklanjuti isu soal rendahnya serapan anggaran COVID-19 di Jateng.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman mengatakan pihaknya menyesal baru mendengar isu soal anggaran tersebut. Sebab menurut Sukirman, pihaknya rutin menggelar rapat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng beserta jajaran.

"Kami sebenarnya tiap Senin rapat dengan gubernur, kenapa gubernur tidak pernah menceritakan ke kami progres soal anggaran Dana Alokasi Umum ini. Kami juga biasanya hanya menyoroti soal kelangkaan oksigen, BOR di RS, ketersediaan obat, serta aturan main prokes di masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

Terkait hal ini, Sukirman menjabarkan pihaknya mengharap klarifikasi. Pertama, soal serapan anggaran. Kedua, apakah Pemprov masih butuh anggaran refocusing, mengingat Dana Alokasi Umum (DAU) belum terserap. Selain itu ia menyebut Pimpinan DPRD Jateng juga mendorong pencairan insentif untuk tenaga kesehatan dan realisasi bantuan sosial untuk masyarakat.

Lebih lanjut Politisi dari PKB ini mengingatkan apabila bantuan tersebut tidak dapat terealisasi, DPRD juga tidak akan bertanggung jawab apabila ada kekurangan kebutuhan yang rencananya diambil dari refocussing APBD tahun 2021. "Diberi DAU saja tampak bingung, mosok ya mau nambah anggaran dari APBD," tandasnya.

Diungkapkan Sukirman, data yang diambil Depdagri merupakan data yang pada saat dirilis, laporan dari Jateng belum masuk. Ia menyebut tercatat anggaran untuk penanganan COVID-19 sesuai PMK 17, yaitu 8% dari DAU atau sebesar Rp 284.725.279.00. Dana tersebut kemudian terserap sampai dengan 31 Mei sebesar Rp 3.105.535.879 (1,09%). Lalu per 30 Juni Rp 9,5 miliar (3,35%), dan terakhir realisasi sampai tanggal 26 Juli sebesar Rp 50,43 miliar (17,78 %).

 Aun bin Abdullah dalam kitab Hayatus Salaf Baynal Qaul wal 'Amal mengatakan bahwa:

Orang² dulu menjadikan bagian untuk dunia itu setelah apa yg tersisa dari urusan akhiratnya. Sedangkan kalian menjadikan untuk akhirat setelah apa yang tersisa dari urusan dunia kalian.
Utamakan urusan akhirat, baru dunia.

Mari kita memperhatikan nasihat ini, memikirkan kembali bagaimana posisi pikiran kita antara dunia dan akhirat.

Pokemon akan dibuat versi live actionnya oleh Netflix. Itulah berita yang dikabarkan oleh situs kenamaan Variety kemarin. Menurut sumber yang tak disebutkan namanya oleh Variety, live action Pokemon ini akan ditulis secara ekslusif oleh Joe Henderson.

Joe Henderson adalah orang dibalik serial populer Netflix berjudul Lucifer yang kini sudah memasuki season ke 6. Produser eksekutif dan co-showrunner Lucifer tersebut dikabarkan sangat cocok untuk menulis live action Pokemon.

Langkah Netflix dalam membuat seri Pokemon Live-action karena streamer telah membuat Netflix sendiri sebagai wadah bagi acara Pokemon yang ada termasuk 'Pokemon: Indigo League' dan 'Pokemon Journeys'.

Akankah benar terjadi? kita tunggu saja.

 Tsunami Covid-19 berhasil diatasi oleh Italia, India dan China dengan menekan angka kasus per harinya. Bagaimana caranya?

Saat ini negara seperti Indonesia dan sejumlah negara lain sedang berjuang melawan pandemi Covid-19. Setiap negara memang punya cara dan kebijakan tersendiri menyesuaikan kondisi masyarakat. Menilik langkah yang dilakukan oleh India, Italia dan CHina, langkah yang digunakan untuk menekan angka positif. Berikut beberapa diantaranya:

1. Italia

Italia pernah menjadi salah satu negara dengan tingkat infeksi covid terburuk pada awal pandemi berlangsung. Mereka mengambil langkah tegas. Lockdown ketat yang lama dan tingkat pengujian diperbanyak di hampir semua tempat.

Dengan kebijakan tersebut Italia sudah bebas jika keluar tanpa masker dan menandai hampir semua wilayahnya sebagai zona putih (rendah resiko).

2. India

India sempat menjadi sorotan dunia dan menjadi perbincangan berbulan-bulan karena rekor kematian dan buruknya penanganan pandemi di negara dengan penduduk lebih dari 1 miliar ini. Salah satu kebijakan untuk meredam kenaikan adalah pengetatan dengan pemberlakuan denda yang tegas. Akhirnya lebih dari 95% orang yang keluar rumah kini sudah memakai masker.

3. China

Sebagai awal mula kasus nol dari pandemi Covid ini, China tergolong negara yang sangat berhasil. Lockdown yang dilakukannya sangat berhasil menekan angka positif dan membuat China menjadi negara yang saat ini relatif bebas dari pandemi covid.

Dari 3 negara diatas, kira-kira mana yang akan dicontoh negeri kita?