diobrolin.com

Indonesia Ngobrol, Ngobrolin Indonesia

Potongan terakhir yang berharga di papan catur pasar transfer pembalap telah ditempatkan pada tempatnya: Maverick Vinales, yang merasa dirinya sangat 'Top Gun' sehingga dia memiliki nama panggilan di plat nomor mobilnya, telah menandatangani kontrak dengan Aprilia yang, jika terus menggunakan Andrea Dovizioso sebagai pembalap penguji, akan memiliki tim yang sangat bagus, dari sudut pandang manusia. Pengumuman resmi diharapkan segera.

Tim lain semua ditandatangani, disegel dan dikirim, kecuali Petronas, yang harus mencari pengganti Morbidelli, yang akan bergabung dengan tim pabrik Yamaha dan Valentino Rossi dan, tentu saja, tim VR46 yang belum memberikan kepastian tentang pebalap yang akan bergabung dengan Luca Marini.

Nama Bezzecchi juga telah disebut-sebut untuk tim Petronas, namun rumor tersebut ditepis oleh Valentino sendiri yang menyatakan bahwa timnya hanya akan menyertakan pebalap Akademi.

Sementara, hari ini KTM meresmikan (itu adalah kesimpulan yang sudah pasti) penandatanganan Raul Fernandez, yang dengan demikian akan bergabung lagi dengan rekan setimnya saat ini Remy Gardner. Dengan cara ini, Danilo Petrucci dan Iker Lecuona akhirnya dibuang dan saat ini, meskipun dua kursi kosong di MotoGP, tidak ada tawaran untuk tetap berada di kelas utama.

Ini adalah sesuatu yang agak tidak biasa untuk MotoGP yang belakangan ini kehilangan lebih banyak pembalap kaliber dari jumlah juara (?) masa depan yang telah diperolehnya. Andrea Iannone keluar karena doping, Pedrosa, Crutchlow, Dovizioso, Lorenzo dan akhirnya Valentino Rossi pensiun, di antara yang teratas dan Rabat, Abraham dan Syahrin di antara karakter pendukung, sementara bahkan Lorenzo Savadori, yang juga menunjukkan janji baik setelah tiba di MotoGP dari CIV , dibiarkan tanpa tumpangan.

Sekarang resmi: tahun depan Raul Fernandez akan membalap di MotoGP di tim Tech3 KTM, bersama rekan setimnya saat ini Remy Gardner. Pembalap Spanyol berusia dua puluh tahun, setelah hanya satu tahun, akan meninggalkan Moto2 untuk bergabung dengan kelas utama.

Raul adalah eksponen lain dari pembibitan Austria: musim penuh pertamanya di Moto3 adalah pada tahun 2019 dengan tim Aspar, sebelum pindah ke Ajo's tim pada tahun 2020, di mana ia juga balapan di Moto2 tahun ini.

Tim Tech3, oleh karena itu, akan mengubah kedua pembalap musim depan, dengan Danilo Petrucci dan Iker Lecuona harus mencari kursi lain.

"Jujur, saya sangat senang dengan ini kesempatan dari KTM, baik untuk tahun ini maupun untuk tahun berikutnya – kata Raul – saya telah belajar banyak dan menikmati Moto2 dan dapat masuk ke posisi di mana saya memiliki kesempatan untuk memasuki MotoGP dan untuk itu saya sangat menyukainya. bersyukur: itu adalah impian setiap pengendara untuk tiba di kelas ini. Saat ini, yang paling penting adalah tetap fokus pada musim ini dan memberikan semua yang saya miliki hingga balapan terakhir untuk mencoba dan memperjuangkan kejuaraan. Jika tidak berhasil maka baiklah, semuanya terjadi karena suatu alasan, dan Anda harus melihat ke arah positif. Saya telah menjadi rookie tahun ini dan saya ingin menutup bab ini dan kemudian memulai lagi untuk tahun 2022 di mana saya akan mencari untuk menemukan perasaan yang baik di atas motor dan, di atas segalanya, bertujuan untuk menikmati diri saya sendiri."

Pit Beirer, KTM Direktur Motorsport, berkomentar: "Saya senang mengumumkan bahwa Raul akan pindah ke kelas MotoGP bersama kami, dan ini semakin membuktikan bahwa proyek Akademi GP KTM kami berjalan dari Red Bull MotoGP Rookies Cup hingga MotoGP. Kita semua tahu bahwa Raul adalah bakat yang luar biasa. Lompatannya dari Moto3 ke Moto2 memiliki beberapa tanda tanya tetapi dia berulang kali menunjukkan bahwa dia adalah pembalap yang sangat baik di motor yang lebih besar, yang merupakan pemikiran dan harapan awal kami karena dia cukup tinggi untuk Moto3. Pergi ke MotoGP begitu cepat bukanlah bagian dari rencana awal tetapi dia telah menunjukkan bahwa dia memiliki potensi. Line-up Moto2 saat ini dengan Remy seperti tim impian, jadi untuk memindahkan keduanya ke kelas utama membuatnya sangat kuat dan berarti kami sekarang memiliki pembalap untuk MotoGP yang telah datang melalui sistem kami. Kami memiliki – dan masih memiliki – 'tim impian' yang serupa dengan Brad dan Miguel dan sekarang kami dapat mengulangi cerita yang sama dengan line-up Moto2 lainnya. Jika Anda mengenal orang-orangnya, latar belakang mereka dan bagaimana mereka bekerja dan bagaimana perasaan mereka di lingkungan KTM, maka itu membuat seluruh upaya menjadi lebih kuat."

Hervé Poncharal, Tech3 KTM Factory Racing Team Principal, menambahkan: "Kami senang, bangga, dan bersemangat menyambut Raul Fernandez di samping Remy Gardner. Saya pikir ini akan menjadi musim 2022 yang sangat menarik dengan dua talenta paling cemerlang dari kategori Moto2 pindah ke kelas utama. Meskipun ini akan menjadi musim rookie mereka, saya yakin mereka akan cepat belajar dan setelah beberapa balapan menunjukkan potensi mereka di MotoGP juga. Raul memiliki bagian pertama yang luar biasa dari musim rookie Moto2-nya, sesuatu yang belum pernah dicapai dalam waktu yang lama. Meskipun kami sangat senang dengan pengumuman ini, kami tahu kami masih memiliki setengah musim untuk dilalui dengan pembalap kami saat ini, Danilo Petrucci dan Iker Lecuona, yang ingin saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan sikap konstruktif mereka yang tidak pernah berakhir, dan, kami jelas semoga mereka baik-baik saja dan semoga sukses di masa depan."

An tiba-tiba tersenyum Danilo Petrucci muncul di media debrief setelah FP4 hari ini di Red Bull Ring. Itu adalah sesi kualifikasi yang agak khusus untuk pembalap Italia itu, yang tidak hanya gagal melakukan yang lebih baik dari posisi ke-22 di grid, tetapi juga karena tidak semua orang dipecat saat masih berada di luar lintasan. Akibatnya mungkin lebih banyak seringai pahit daripada senyum…

Jika dalam hubungan cinta yang tidak pernah berkembang seperti antara Petrucci dan Tech3 RC16, epilog mungkin diterima begitu saja, waktunya setidaknya bisa sedikit lebih kebetulan. "Tentu saja saya tidak terkejut, saya sudah lama tahu bahwa di akhir musim jalan kita akan berpisah, karena ketika Anda menelepon dan tidak ada yang menjawab telepon, Anda tahu bahwa nasib Anda telah ditentukan. Tentu saja, saya dapat mengatakan sesuatu tentang itu tidak benar dan mendidik, tetapi dunia ini tidak akan pernah berhenti membuat saya takjub ".

Danilo bercanda tentang status resmi perceraian: "Saya sangat geli akhir-akhir ini melihat semua orang berpura-pura tidak terjadi apa-apa , menurut pendapat saya, mereka dapat memberikan berita itu dua atau tiga minggu yang lalu dan itu tidak akan banyak berubah bagi saya. Tapi sekarang setelah kualifikasi kami mengadakan pertemuan, mereka memecat saya ketika saya masih memakai kulit saya ".

Bendera kotak-kotak yang dikejar Petrucci adalah bendera tentang masa depannya, tetapi dia tidak ingin mengatakan apa-apa tentang itu. Tentu saja, prosedur pemutusan kontrak tentu bukan detail kecil dan kemungkinan melihat masa depan Petrucci di reli atau di motorcross di bawah bendera pabrikan Mattighofen telah runtuh. "Namun, saya meyakinkan mereka bahwa saya tidak akan berhenti menjadi pelanggan mereka," katanya. Petrux tidak mengesampingkan kemungkinan apa pun dan mengakui bahwa dia telah mulai menyuarakan seseorang yang "tidak ingin saya menutupi kotak di papan catur, tapi siapa yang percaya padaku. Aku ingin tetap balapan sambil bersenang-senang."

Dan melihat langit di atas Styria sepertinya diselimuti awan, bagi mereka yang bertanya apakah dia punya rencana kejutan hujan untuk besok, jawabnya : "Pendekatan saya tidak berubah, saya berlomba untuk melakukan yang terbaik, tetapi juga benar bahwa di lintasan lurus dengan motor ini saya sangat menderita dan kehilangan semua perasaan dan kecepatan yang diperoleh. Saya seorang pebalap ekstra besar dan saya tahu itu batas saya, lihat saja seberapa baik rekan setim saya yang lebih ringan dan lebih pendek dengan sepeda yang sama daripada saya".

Ada beberapa orang yang tidak bisa menerima gagasan bahwa Valentino akan pensiun dan hari ini seorang jurnalis Asia bertanya kepadanya apakah ada kemungkinan berubah pikiran jika hasil yang sangat baik di akhir musim. Rossi menjawab dengan lelucon: "Jika saya memenangkan gelar, saya akan terus balapan". Di Red Bull Ring setelah kualifikasi, bagaimanapun, segalanya tidak berjalan dengan baik dan tempat ke-17 di grid adalah konfirmasi.

"Hari ini kami bekerja dengan motor, pada pengaturan - jelas Dokter - Keseimbangannya tidak fantastis, tapi kami berhasil memperbaikinya di sore hari. Meskipun, dalam panas, kondisinya lebih sulit, saya meningkatkan kecepatan saya, bahkan jika saya akan memulai dari belakang dan potensi saya tidak fenomenal, besok kami harus mencoba mengambil beberapa poin ". benar-benar tahu apa yang diharapkan dari langit untuk balapan…

"Dalam hal ini semuanya terbuka lebar, karena ramalannya sangat buruk - lanjutnya - Jika hujan, saya berharap balapan di trek yang benar-benar basah, bukan basah satu".

Risikonya adalah bahwa Red Bull Ring bisa menjadi sangat berbahaya jika hujan deras…

"Itu tergantung pada berapa banyak air yang akan ada, karena pengereman di tikungan 3 sudah berbahaya di kering - jelas Dokter - Dengan hujan normal itu balapan seperti yang lain, tetapi jika hujan deras maka situasinya akan berubah."

Begitu banyak sehingga Komisi Keselamatan juga telah berbicara tentang kemungkinan menunda balapan hingga Senin.

"Saya tidak ada di sana, jadi saya tidak tahu persis apa yang mereka katakan, tetapi prioritasnya adalah balapan besok, karena memindahkan segalanya dalam satu hari akan menciptakan masalah lain. Untuk melakukan ini, bagaimanapun, harus ada kondisi yang tepat, jika tidak, kami akan mencoba memutuskan bersama apa yang harus dilakukan. Kalau balapan harus diundur ke Senin ya, tapi saya harap tidak demikian".

Sembari menunggu apakah dewa hujan akan bersikap lunak, Valentino juga mengomentari pemecatan Petrucci oleh KTM. Dengan keluarnya Danilo dari MotoGP, Italia akan kehilangan pebalap lainnya setelah Dovizioso dan, tentu saja, Rossi sendiri.

"Kami telah menjadi tiga protagonis dari tahun-tahun terakhir MotoGP, saya ingat podium bersama di Silverstone dalam kondisi basah. Sayang sekali - kata Dokter - tidak bisakah Dovizioso kembali? Saya mendengar kabar darinya baru-baru ini, tetapi saya tidak bertanya kepadanya - dia bercanda - Saya sangat menyesal untuk Danilo karena dia masih muda dan saya pikir dia masih memiliki banyak yang bisa diberikan. Saya harap dia menemukan tempat di SBK, dia cepat".

Untuk satu pembalap yang pergi, ada satu lagi yang kembali, meski hanya satu balapan. Melihat Pedrosa dan Valentino kembali bersama di trek adalah ledakan dari masa lalu.

"Dia membuat saya terkesan, dia selalu sangat cepat dan kompetitif. Kami telah mengikuti satu sama lain akhir-akhir ini dan saya selalu melihat Dani yang biasa, dengan gayanya yang lembut dan bersih – adalah kata-kata Rossi - Ini adalah benar bahwa dia mengendarai motor 2022 dan dia telah melakukan banyak tes, jadi dia siap untuk balapan, tapi dia terbukti cepat setelah absen selama 3 tahun dan saya mengucapkan selamat kepadanya untuk itu".

Bukan satu, tapi dua jatuh. Sabtu yang pahit di Most for Johnny Rea, terpaksa menyaksikan kesuksesan Toprak Razgatlioglu dari pinggir lintasan. Di Republik Ceko, Cannibal ingin mengkonfirmasi penampilannya di Assen, tetapi ekspektasinya mengecewakan.

Yang pertama tiba di chicane, lalu, dalam upaya untuk memasang kembali, dia kembali terlempar dari sepedanya. Rea menjilat lukanya dengan satu-satunya penghiburan karena masih memiliki kepemimpinan dunia di tangannya.

"Sayang sekali tentang bagaimana keadaannya hari ini," dia memulai. "Saya jatuh bahkan tanpa mendorong. Yang pertama mirip dengan kecelakaan di Donington, di mana saya kehilangan bagian depan dan akhirnya jatuh. Hari ini, bagaimanapun, saya dapat memulai lagi, tetapi saya tidak benar-benar mengerti apa yang terjadi selama musim gugur kedua. Begitulah caranya. Saya merasa tidak enak, tapi itu bagian dari balapan."

Sementara itu, Toprak memperpendek jarak di klasemen.

"Saya tidak bisa melewati Toprak hari ini. Saya mencoba di beberapa tempat, baik di lintasan lurus maupun di pengereman, tetapi tidak ada cara untuk melewatinya. Kami pasti harus memahami mengapa hal ini terjadi, karena saya berjuang. Yang penting, bagaimanapun, adalah untuk tetap berada di puncak Kejuaraan Dunia."

Jelas, Rea tidak bisa mengatakan dia antusias hari ini.

"Saya tidak berpikir Kawasaki baru adalah masalahnya, karena motornya tidak diragukan lagi satu langkah dari yang sebelumnya. Jelas bahwa, ketika Anda membawa motor baru ke trek, itu tidak semuanya otomatis dan diharapkan, karena ada beberapa poin yang menjadi fokus. Pada saat yang sama, juga benar bahwa persaingan telah meningkat pesat."

Jadi tujuannya adalah untuk bangkit dan memulai lagi.

"Secara pribadi, saya tidak perlu mengeluh, bahkan jika pengurangan putaran berpengaruh dan, jika kita melihat di mana satelit Kawasaki berada, itu signifikan. Kami harus bekerja lebih banyak pada frame, karena kami berjuang dengan dips. Tujuannya adalah untuk memiliki sepeda yang lebih gesit dan lebih cepat di tikungan dan juga di lintasan lurus. Kami sedang mengerjakan elektronik, untuk memahami apa yang harus kami lakukan."

Terakhir, dia berbicara tentang kesuksesan Toprak.

"Sudut di mana Scott menyalip sangat sulit. Saya akan terkejut jika dia tidak mencoba menyerang. Kami mengenal Toprak dengan baik. Dia pengendara yang sangat kuat dalam pengereman."

Hari ini trek benar-benar kering dengan suhu 30° C di pagi hari, dan antara 45 dan 38° C di sore hari. Kondisi yang tampaknya tidak akan dipertahankan untuk Grand Prix, karena ramalan cuaca sedemikian rupa sehingga bahkan diperkirakan akan terjadi hujan deras. Namun, selama hari terakhir latihan semua spesifikasi licin digunakan, dan selama Q2 rekor putaran trek 1'22.994 dikalahkan.

Hari ini trek benar-benar kering dengan suhu trek 30° C di pagi hari, dan antara 45 dan 38°C pada sore hari. Semua spesifikasi Slick digunakan, dan selama Q2 rekor putaran sepanjang waktu sirkuit dipecahkan dengan waktu 1'22.994. Jika besok akan menjadi balapan kering, mayoritas pembalap kemungkinan akan menggunakan kombinasi Med/Med atau Hard/Med. Namun, bagian belakang Soft tetap menjadi pilihan balapan bagi mereka yang lebih memilih untuk menempuh rute ini. Front Slicks - Bagian depan Soft tidak terlalu banyak digunakan hari ini tetapi beberapa pembalap memilihnya untuk time attack dan/atau kualifikasi. Opsi Medium tetap menjadi ban referensi karena menawarkan cengkeraman dan umpan balik yang baik, dan jika motor disetel dengan baik, ia juga menawarkan konsistensi yang sangat baik. Opsi Hard diuji secara luas di FP4, dan bekerja dengan baik untuk pengendara paling agresif, terlepas dari merek/konstruktor sepeda motor. Rear Slicks - Bagian belakang yang lembut memberikan cengkeraman yang baik tetapi stabilitasnya sedikit berkurang, dan seperti yang disebutkan kemarin, cengkeraman tambahan tidak selalu terlihat dibandingkan dengan Medium. Medium menawarkan cengkeraman yang baik dan konsistensi yang baik, dan dengan stabilitas yang lebih baik tampaknya akan menjadi pilihan balapan bagi sebagian besar pengendara jika kering. Hard tampaknya terlalu keras untuk kondisi trek/cuaca saat ini, dan sebagai hasilnya ia menawarkan traksi dan cengkeraman yang lebih sedikit daripada Medium.

Maverick Vinales tutup mulut tentang berita kesepakatan yang dicapai dengan Aprilia untuk 2022. Pengumuman resmi akan segera tiba, mungkin paling cepat besok, tetapi pembalap Spanyol itu tidak mau berterus terang. "Yang pasti pada 2022 saya akan berada di trek, saya tidak akan menghabiskan satu tahun jauh dari sepeda - dia menyatakan - saya seorang pejuang dan saya harus berjuang untuk mendapatkan apa yang pantas saya dapatkan. Jadi saya akan mendorong sampai akhir tahun dan saya berharap Yamaha akan membantu saya. "

Tidak ada cara untuk mempermasalahkan masa depan Maverick, jika bukan yang terbaru, yaitu balapan besok di Red Bull Ring. Setelah penampilannya yang bagus di pagi hari, Vinales tidak dapat melakukan hal yang sama di sore dan malam hari. kualifikasi dia harus puas dengan posisi ke-9.

"Apa yang terjadi di sore hari? Ini pertanyaan yang bagus dan saya ingin mendapat jawaban, terutama untuk saya. Sayangnya saya tidak memilikinya - dia tersenyum - Di FP4 saya punya beberapa masalah mesin, pada sentuhan pertama gas sepertinya memotong tenaga, kemudian di kualifikasi saya berjuang untuk menghentikan motor. Saya optimis, tetapi di FP3 saya mengerem dengan sangat baik dan di Q2 saya berakhir di kerikil setiap waktu. Saya mengerem ".

Ini bukan berarti Vinales menyerah untuk balapan.

"Yang pasti, start 9 atau 1 bukanlah hal yang sama, tetapi saya akan mencoba mencari sensasi pagi ini. Jika saya berhasil, Saya akan memiliki peluang bagus untuk melakukannya dengan baik - dia menegaskan - saya tidak tahu kondisi apa yang akan kami temukan, tentu saja saya lebih suka balapan kering daripada bendera-ke-bendera tetapi, bagaimanapun juga, itu akan menyenangkan ".


Kepindahan
Raul Fernandez ke MotoGP dengan KTM Tech3 sudah menimbulkan diskusi, terutama tentang cara resminya kemarin selama FP4, tanpa memberi tahu pebalap saat ini (Petrucci dan Lecuona), yang kemudian diberhentikan saat mereka masih mengendarai motor. Tapi ini masalah sederhana, masalah sebenarnya adalah lain: yaitu, bahwa Raul sama sekali tidak yakin untuk meninggalkan Moto2, setelah hanya satu tahun, atau bahkan untuk naik RC16.

Bukan misteri bahwa baik Petronas dan Aprilia mengetuk pintu Fernandez untuk mengetahui apakah mungkin untuk membebaskannya dari kontraknya dengan KTM, seperti yang dilakukan Martin tahun lalu dengan bergabung dengan Ducati. Tetapi perusahaan Austria tidak ingin melihat permata lain dicuri di bawah hidungnya dan mempercepat langkahnya, mengamankan pembalap Spanyol yang, bagaimanapun, tidak senang. Ketika manajer Raul, Hannes Kinigadner, pergi ke Pierer dan Beirer untuk meminta kontraknya diakhiri (menghadapi penalti €.500.000) mereka menutup pintu di hadapannya. Mereka sekarang bisa pergi ke pengadilan.

Dia mengatakannya dengan sangat jelas dalam sebuah wawancara dengan Izaskun Ruiz di Dazn Spain. Pertama dia ragu-ragu: "Saya tidak ingin berbicara tentang masa depan. Itu salah. Saya ingin tetap fokus di Moto2." Tapi kemudian dia ditekan oleh wartawan tentang pernyataannya yang dibuat sebelum liburan musim panas, ketika dia mengatakan bahwa dia 99% yakin dia akan bertahan di Moto2. "Itulah hidup" adalah samarnya. response.

Pada akhirnya, Fernandez mengungkapkan semuanya ketika dia ditanya apakah dia akan berada di tempat yang dia inginkan pada tahun 2022: "Tidak" adalah jawaban singkatnya, tidak meninggalkan ruang untuk interpretasi. Kemudian dia berhenti, "Ayo tidak pergi lebih jauh." Petualangan MotoGP-nya tampaknya tidak dimulai di bawah bintang yang beruntung.

Jack Miller keluar pada waktu yang tepat di kualifikasi, membawa Ducati-nya ke posisi ke-4 di grid untuk balapan besok di Red Bull Ring. Pembalap Australia itu tidak bersembunyi dalam latihan bebas, tetapi menguji materi baru di Desmosedici.

"Saya tidak bisa membicarakan apa itu. Sesuatu untuk meningkatkan motor kami, "katanya bercanda. "Tapi saya sangat sibuk dan tidak bisa melakukan satu putaran pun, bahkan pagi ini. Di kualifikasi, saya bisa melakukannya di exit kedua, tapi saya membuat kesalahan bodoh. Sangat mudah untuk membuatnya di trek ini. Itu satu-satunya aspek yang sedikit mengecewakan saya, karena, secara umum, saya senang. Besok kita akan melihat bagaimana cuacanya. Jika hujan, tidak apa-apa bagiku. Jika kering, juga, dan jika setengah sampai setengah... bahkan lebih baik! " Dia tersenyum, seperti ahli balapan bendera-ke-bendera.

Yang mengkhawatirkan semua pengendara adalah hujan lebat, yang bisa membuat sirkuit tidak aman.

"Benar, hal ini membuat kami khawatir," dia menegaskan. hati-hati, karena trek ini memiliki variasi kemiringan yang besar, dan aquaplaning bukanlah hal yang menyenangkan. Kami juga membicarakannya kemarin di komisi keselamatan. Jika hujan, mereka akan tahu apa yang harus dilakukan, menghentikan balapan atau menundanya, tetapi Saya tidak mengurusi hal-hal ini. Kita harus menunggu dan melihat apa yang terjadi."

Tentu saja, Miller akan menyampaikan pendapatnya, dan Ducati menjanjikan pertarungan, dengan 4 Desmosedici di enam tempat pertama di grid.

"Kami semua berkendara dengan baik, dan tenaga membantu kami. Saya siap untuk kondisi apa pun," dia meyakinkan.

Pecco Bagnaia sempat mengatakan bahwa dia memiliki potensi untuk berekspresi di atas Ducati di sirkuit Red Bull Ring yang bersahabat. Tempat kedua di grid hari ini menegaskan seberapa benar pembalap Italia itu, dan pada titik ini dia harus mengatur awal balapan untuk mendahului Fabio Quartararo, yang pada putaran terbangnya sangat bagus. kartu besok dalam balapan sangat tinggi tetapi memulai di depan semua orang adalah keuntungan bagi Bagnaia, yang harus memanfaatkan sundulan ganda di Austria untuk mendapatkan poin dari pembalap yang akan memulai di sebelahnya besok di grid. Hujan atau tidak, putaran kejuaraan dunia besok harus menjadi titik balik bagi harapan kejuaraan Pecco.

"Dalam beberapa balapan terakhir saya memiliki terlalu banyak masalah - jelas Bagnaia - dan Assen sangat sulit bagi kami di Ducati. periode ini saya telah bekerja keras untuk memiliki pendekatan mental yang tepat dan saya pikir saya telah mengambil langkah maju. Hari ini saya membuat langkah lain dengan motor, kemarin saya tidak dalam kondisi yang baik. Di FP4 saya menyadari betapa kami telah meningkat Tentu saja trek ini lebih baik bagi kami daripada Assen, karena di sini kami dapat memanfaatkan pengereman dan akselerasi kami dengan baik. Lihat saja klasifikasi untuk melihat empat Ducati di enam besar, trek ini bagus untuk kami. Tapi besok bisa hujan , itu akan sulit menurut saya. "

Apakah Anda merasakan tekanan pada Anda? Di sini Anda adalah favorit tak terbantahkan untuk menang…

"Hal yang hebat adalah bahwa semua orang di sini mengatakan kepada saya bahwa Ducati harus menang. Mereka juga mengatakannya di Qatar dan Mugello, mereka mengatakan kepada saya bahwa saya harus menang di sana juga. Tapi saya pikir ini tahun semua pabrikan sangat dekat. Dalam beberapa tahun terakhir Ducati jauh lebih cepat dari para pesaingnya. Sekarang tidak seperti itu, jika kita melihat FP4 saya pikir saya satu-satunya pembalap Ducati di enam besar untuk kecepatan tertinggi. Saya pikir banyak hal telah berubah; Ducati biasanya menderita di Jerez tetapi tahun ini kami melakukan 1-2. Semua motor hampir mendekati dan bahkan jika kami memiliki sedikit keunggulan di trek lurus, yang lain memiliki keunggulan yang sama di bagian melengkung, seperti di sektor ketiga di sini. Saya memiliki peluang besar untuk mengambil kemenangan pertama saya, tetapi saya tidak berpikir itu akan semudah yang dibayangkan para penggemar. "

Apakah semua masalah di sektor ketiga?

"Sektor ketiga adalah titik di mana saya sangat cepat di Moto2. Saya akan melihat data Jorge malam ini, karena di sektor itu dia membelokkan Duca ti ke Yamaha atau Suzuki, dia sangat cepat. Kami, di sisi lain, memiliki lebih banyak kesulitan memasuki tikungan dan menutup garis. Di FP4 saya mengikuti Marc Marquez, untuk melihat apakah dia cepat dan saya melihat bahwa di beberapa poin dia mampu membuat jarak dengan saya satu atau dua persepuluh. Saya pikir besok dia dan Mir adalah pesaing untuk kemenangan plus Joan. Tapi saya juga melihat Zarco, Fabio dan Maverick. Saya pikir besok akan ada lebih dari enam pebalap yang mampu bertarung untuk menang dan itu tidak akan mudah. "

Anda berbicara tentang kemajuan yang dicapai berkat pekerjaan. Apa maksud Anda?

"Saya praktis tidak mengambil cuti. Saya mulai berlatih pada hari Rabu setelah Assen. Pada musim ini saya tidak dapat melakukan satu hal yang saya lakukan dengan baik di awal tahun, yaitu mengatasi masalah dengan keras. Di Assen saya mencoba, tetapi sangat sulit. Kemudian saya banyak berlatih dengan Panigale V4 dan saya pikir saya mengambil langkah maju yang besar dalam hal konsentrasi untuk tetap cepat dan konsisten bahkan pada ban bekas. Saya pikir kami bekerja dengan baik di jeda ini. Saya pikir ketika Anda tahu Anda telah bekerja dengan baik, Anda tiba di balapan akhir pekan lebih kuat dan lebih siap ".

Apa pendapat Anda tentang kembalinya Pedrosa ke balap?

"Saya pikir semua orang senang untuk Pedrosa, senang melihatnya di trek. Sebagai seorang anak saya menyaksikan balapannya melawan Valentino, dan dia adalah salah satu dari Fantastic Four. Saya senang atas pengembalian ini, menjadi begitu cepat setelah tiga tahun tidak mudah, tetapi saya pikir bagi seorang juara seperti dia itu mungkin. Dia bisa bahagia. "

Apakah Anda khawatir tentang kemungkinan hujan besok?

"Jika hujan seperti di Assen pada 2016, akan ada banyak masalah. F1 ada di sini dua minggu lalu dalam kondisi basah, dan kita semua melihat betapa sulitnya mengerem di aspal basah. Saya tidak tahu betapa sulitnya mengendalikan sepeda dalam kondisi ekstrem di sini".