diobrolin.com

Balapan: Verstappen melaju ke kemenangan Meksiko, Hamilton P2



Max Verstappen dengan berani memimpin di awal Grand Prix Meksiko, dan akan mengambil kemenangan dominan pada hari Minggu.

Lewis Hamilton mengikuti Verstappen pulang di tempat kedua, tetapi pembalap Red Bull itu memperpanjang keunggulannya di puncak Dunia Kejuaraan menjadi 19 poin, dengan gaya yang tegas.

Tapi Sergio Perez menerima pujian dari penonton Mexico City, saat ia menjadi pembalap pertama yang berdiri di podium pada balapan kandangnya di Meksiko.

Sebuah kerumunan partisan yang memadati hadir untuk mendukung tuan rumah pahlawan, tapi itu adalah penguncian barisan depan Mercedes di awal dan, dengan jangka panjang hingga tikungan pertama, bagaimana pembalap akan terbentuk di Tikungan 1 adalah dugaan siapa pun.

Mercedes telah mengeluh kepada direktur balapan Michael Masi tepat sebelum start tentang betapa lambatnya grid terbentuk, dan ketakutan mereka bertambah ketika Verstappen mampu mengejar para pesaingnya, menarik ke samping, dan keberaniannya menginjak rem terbayar saat dia mengalahkan Hamilton ke t tikungan pertama.

Di belakang dua posisi terdepan, polesitter Bottas ditandai oleh Daniel Ricciardo yang mengerem terlambat dan terguling. Pembalap Australia itu kehilangan sayap depannya, tetapi pebalap Mercedes itu dijatuhkan ke belakang lapangan – sesuatu yang tidak adil setelah sesi kualifikasi yang luar biasa pada hari Sabtu. Keduanya kemudian diadu dalam kondisi Safety Car, saat Bernd Maylander dipanggil untuk beraksi di lap pertama.



Di tempat lain, Esteban Ocon adalah daging yang tidak disengaja dalam sandwich Yuki Tsunoda dan Mick Schumacher, saat mobil AlphaTauri dan Haas keduanya bertabrakan dengan ban depannya di waktu yang sama.

Akibatnya, kedua mobil kemudian mengalami kerusakan suspensi belakang dan harus mundur dari balapan. Ocon tidak bersalah, tapi dia mampu menjaga Alpine-nya tetap bergerak.

Saat restart, Verstappen mengambil risiko melompat lebih awal untuk kembali ke kecepatan balap di bagian stadion, tapi dia membuat Hamilton lengah dan mengatur waktunya dengan sempurna – pergerakan yang krusial keluar dari jangkauan slipstream Mercedes.

Pembalap Red Bull segera meletakkan palu, dan berhasil unggul 1,8 detik dari saingannya pada putaran pertama saja.

“Dia cepat,” datang pesan radio dari Hamilton, dan dia segera terpaut lebih dari lima detik saat balapan mulai tenang, dengan Verstappen memompa di beberapa lap tercepat berturut-turut untuk menjauh dari Mercedes.

Hamilton khawatir tentang tingkat cengkeraman dari bannya, sementara Perez di belakang datang ke radio untuk melaporkan bahwa dia membaik saat balapan berlangsung – dan Red Bull kedua menempatkan dirinya dalam waktu dua detik dari pembalap Inggris itu: sangat jauh dalam jangkauan undercut.

Selanjutnya, Bottas dan Ricciardo – li kely berlari dengan mesin yang rusak – tidak dapat membuat kemajuan untuk kembali ke poin, sementara Ocon juga terjebak di tempat-tempat kecil.

Lapangan menjadi tegang dan, yang terpenting bagi Verstappen, ia mampu terus membangun keunggulannya, dengan Hamilton menyatakan bahwa "orang-orang ini jelas terlalu cepat bagi kami," hampir mengakui kekalahan sebelum balapan bahkan mencapai titik tengahnya.

Tetapi tim Mercedes menarik pelatuk terlebih dahulu di pit stop, dengan Hamilton masuk pada lap 30 dan, meskipun awalnya keluar di belakang Charles Leclerc, dia berusaha keras untuk menempatkan dirinya dalam posisi untuk tetap di depan Perez, yang memilih untuk masuk lebih dalam ke balapan sebagai gantinya.

Hamilton mulai membuat kemajuan kecil dalam memimpin Verstappen, yang mendorong kru Red Bull untuk servis mobilnya beberapa lap kemudian, dan pebalap Belanda itu muncul sekitar tujuh detik di depan.

Perez memimpin balapan di rumahnya, kemudian, dan dia mengatakan bahwa bannya masih membaik, sebelum akhirnya dia berhenti di la p 40 dari 71. Dia 10 detik di belakang Hamilton, tetapi pada ban yang 12 lap lebih muda.

Bottas, sementara itu, sekali lagi terjebak di tanah tak bertuan. Memiliki satu hari lagi untuk dilupakan, kesengsaraannya hanya ditambahkan dengan pemberhentian 11 detik, menempatkannya di belakang Ricciardo lagi di sore yang membuat frustrasi untuk Finn.

Perez, sementara itu, terhuyung-huyung di adik Mercedes dengan karetnya yang lebih segar, karena Verstappen terus menjalani sore yang tenang dan tak tertandingi di depan.

Pierre Gasly mengalami sore yang luar biasa di P4 dengan AlphaTauri-nya, dengan kedua Ferrarinya tertinggal di belakang. Carlos Sainz memiliki ban yang lebih segar daripada Leclerc dan menutup di belakang rekan setimnya, yang mendorong tim untuk menginstruksikan Monegasque untuk menyingkir untuk rekan setimnya sehingga dia bisa mencoba dan menggulung pembalap Prancis itu.
Memaku balapan #MexicoGP#F1https ://t.co/ooX3N41sX2

— PlanetF1 (@Planet_F1) 7 November 2021



Suara radio terdengar sebagai tanggapan, tanpa sepatah kata pun dari Leclerc – tetapi dia akhirnya membiarkan rekan setimnya melewati beberapa putaran kemudian, yang diharapkan bisa dihindari kecanggungan apa pun dalam wawancara Scuderia pada Minggu malam.

Dalam pertarungan untuk posisi kedua, Perez tampaknya mengalami masalah yang sama seperti yang dihadapi Hamilton saat ia mendekati Verstappen di Austin. Dalam waktu satu detik itu, dia tidak bisa mencapai jarak yang cukup dekat dengan Mercedes, meskipun diteriaki oleh penonton tuan rumah.

As telah dibuktikan pada beberapa kesempatan di Formula 1: “Menangkap adalah satu hal, passing adalah cukup lain.”

Mercedes menarik Bottas sekali lagi untuk menyesuaikan ban lunak, dengan harapan pembalap Finlandia itu menghapus poin untuk lap tercepat dari pemimpin Kejuaraan Dunia.

Upaya awalnya gagal, jadi Mercedes menariknya lagi untuk celah lain – dan dia baru saja mengatur putaran tercepat, pada percobaan terakhir.

Hamilton mampu menahan Perez untuk mengambil P2, dengan seorang Meksiko naik ke podium di kandang untuk pertama kalinya. “Waktunya untuk tequila” adalah pesan Perez setelah balapan, yang memang pantas didapatkan, dan para penggemar setuju dengan memilih dia Driver of the Day.

 
Result
1 Max Verstappen Red Bull 1:38:39.086s 1 stop 2 Lewis Hamilton Mercedes +16.555 s 1 stop 3 Sergio Perez Red Bull +17.752s 1 stop 4 Pierre Gasly AlphaTauri +63.845s 1 stop 5 Charles Leclerc Ferrari +81.037s 1 stop 6 Carlos Sainz Ferrari 1 LAP 1 stop 7 Sebastian Vettel Aston Martin 1 LAP 1 stop 8 Kimi Raikkonen Alfa Romeo Racing 1 LAP 1 pemberhentian 9 Fernando Alonso Alpine 1 LAP 1 pemberhentian 10 Lando Norris McLaren 1 LAP 1 pemberhentian 11 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing 1 LAP 1 pemberhentian 12 Daniel Ricciardo McLaren 1 LAP 2 pemberhentian 13 Esteban Ocon Alpine 1 LAP 1 pemberhentian 14 Lance Stroll Aston Martin 2 LAPS 2 pemberhentian 15 Valtteri Bottas Mercedes 2 LAPS 4 pemberhentian 16 George Russell Williams 2 LAPS 1 pemberhentian 17 Nicholas Latifi Williams 2 LAPS 2 pemberhentian 18 Nikita Mazepin Haas 3 LAPS 2 pemberhentian R Mick Schumacher Haas R Yuki Tsunoda AlphaTauri